Home Kabar Kampus Peresmian Nama Racana Mbah Yai Syafa’at dan Mbah Nyai Maryam

Peresmian Nama Racana Mbah Yai Syafa’at dan Mbah Nyai Maryam

344
0

Peresmian Nama Racana Mbah Yai Syafa’at dan Mbah Nyai Maryam oleh kepengurusan Racana Mukhtar Syafa’at periode 2016-2017 Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi, yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 13 Maret 2016 waktu 09.00 WIB di Auditorium IAIDA Blokagung-Banyuwangi.
racana1
Racana adalah kumpulan dari dua sampai empat Reka. Arti kata racana adalah dasar penyangga tiang bangunan yang dalam bahasa jawa disebut umpak. Nama Racana biasanya diambil dari nama-nama pahlawan. Di IAIDA Blokagung Ranaca Putra diberi nama Racana Mbah Yai Syafa’at dan Racana Putri diberi nama Racana Putri Mbah Nyai Maryam untuk periode 2016-2017.
racana2
Pada sistem pendidikan gerakan Pramuka, Racana merupakan bagian dari organisasi Gugus Depan sebagai wadah pembinaan Pramuka golongan Pandega. Posisinya sebagai wadah pembinaan maka Racana merupakan tempat utama para Pramuka Pandega didalam mengembangan potensi dirinya melalui pendidikan kepramukaan. Oleh sebab itu Racana harus aktif dan memiliki program latihan dan kegiatan yang terencana dengan baik. Racana dalam sistem pendidikan kepramukaan berfungsi sebagai satuan gerak yaitu satuan organisasi atau unit pelaksana yang mengimplementasi sistem pendidikan bagi para peserta didik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here