Home Kabar Kampus Program Studi di IAIDA Memiliki Ijin Operasional dan Terakreditasi

Program Studi di IAIDA Memiliki Ijin Operasional dan Terakreditasi

220
0

Belakangan ini mulai muncul trend atau ada kecenderungan para alumni dan mahasiswa suatu Perguruan Tinggi mendatangi lagi lembaga almamaternya, untuk mendapatkan informasi tentang kejelasan ijin operasional dan peringkat akreditasi almamaternya. Informasi ini sangat diperlukan karena ditemukan lembaga pendidikan tinggi yang Program Studinya (prodi) belum berijin namun sudah dibuka untuk penerimaan mahasiswa baru dan juga beberapa perusahaan atau institusi yang menampung para lulusan perguruan tinggi saat ini telah menjadikan keabsahan ijazah dan peringkat akreditasi sebagai salah satu indikator melihat kualitas pencari kerja.

Sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bagi masyarakat, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) tentu saja harus memiliki ijin operasional. Ijin ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Ijin operasional ini diberikan kepada setiap program studi yang dimiliki oleh PTKIS dan harus diperbaharui secara berkala. Artinya, PTKIS yang menyelenggarakan perkuliahan tanpa ijin (atau ijin operasinya sudah habis masa berlakunya) adalah ilegal, melanggar hukum. Semua Program Studi Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) telah memiliki ijin operasional dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam. Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal adalah suatu proses yang digunakan lembaga berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu.

Akreditasi melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Cara mengetahui akreditasi perguruan tinggi seluruh Indonesia sangatlah mudah, dengan membuka situs resmi BAN-PT. Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi memiliki tiga prodi yang telah terakreditasi yaitu prodi Ekonomi Syariah (ESY) Akreditasi C, Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Akreditasi B, dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Akreditasi B. Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Bimbingan Konseling Islam (BKI), dan Perbankan Syariah (PSY) dalam proses pengajuan Akreditasi karena baru dibuka tahun 2015 dengan SK Ijin Operasional tanggal 6 Maret 2015.

File/data dapat diunduh/didownload di bawah ini:

SK Ijin Operasional Prodi ESY MPI KPI PBA BKI dan PSY

SK Akreditasi Prodi ESY MPI dan KPI

Sertifikat Akreditas Prodi ESy KPI dan MPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here