Home Kabar Kampus Kuliah Tamu oleh Sekretaris Kopertais IV Surabaya

Kuliah Tamu oleh Sekretaris Kopertais IV Surabaya

56
0

Blokagung – Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi mengadakan Kuliah Tamu yang menghadirkan Bapak Dr. H. M. Yunus Abu Bakar, M.Ag sebagai narasumber dan pembicara utama dalam acara kuliah tamu yang dikuti oleh sekitar 400 mahasiswa dan mahasiswi IAIDA Blokagung Banyuwangi.

Kuliah tamu yang menghadirkan Sekretaris Kopertais IV Surabaya ini mengusung tema “Peluang dan Tantangan PTKI di Pesantren”. PTKI adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dikarenakan IAIDA Blokagung Banyuwangi adalah Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren dan satu-satunya yang ada di Banyuwangi, maka dirasa sangat perlu untuk mengadakan kuliah tamu yang selaras dengan kehidupan kampus di pesantren. Dengan narasumber yang kompeten sesuai dengan tema yang diusung dan dengan keperluan kampus yang sangat penting, menghadirkan Pak Yunus (sapaan akrab) adalah sebuah bukti nyata dan jawaban bahwa IAIDA sangat serius dalam mengembangkan dan memberikan ilmu pengetahuan kepada seluruh mahasiswanya.

Kuliah tamu yang diadakan pada hari Sabtu, 22 September 2018 dan bertempat di Auditorium Lt. 3 IAIDA Blokagung ini bertujuan untuk membekali mahasiswa tentang bagaimana wawasan perguruan tinggi di pesantren. Kehidupan kampus di pesantren lebih mementingkan kesopanan dalam berinteraksi dengan dosen maupun sebaliknya, kekeluargaan dan kebersamaan tanpa mengesampingkan tata cara penilaian dalam proses belajar mengajar sebagai standarisasi sebuah Institut Agama Islam. Karena kehidupan kampus di pesantren seperti itulah yang menjadikan IAIDA memiliki kelebihan dibandingkan kampus lainnya.

Kehidupan kampus di pesantren ini sudah berjalan sejak awal mula berdirinya IAIDA Blokagung Banyuwangi dan kehadiran Pak Yunus dalam acara kuliah tamu tersebut semakin menguatkan bahwa Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren ini memiliki kelebihan, selain mendapatkan ilmu pengetahuan yang dibarengi dengan ilmu keagamaan, juga barokah yang di dapat menjadi nilai tambah ketika menempuh perguruan tinggi di pesantren. Seperti yang dikatakan oleh Rektor IAIDA Blokagung Banyuwangi, H. Ahmad Munib Syafa’at, Lc., M.E.I, bahwa “Mahasiswa yang lulus dari sini selain ilmu pengetahuan yang di dapat, ilmu keagamaan pun juga ikut menjadi satu paket dalam perkuliahan, dan lulusan seperti inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat disegala aspek kehidupan, selain pengetahuan yang luas juga sikap agamis dan pribadi yang unggul menjadi nilai tambah, itulah yang disebut “Barokah”.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here