Home Kabar Kampus Pembekalan PPL dan PKLI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIDA 2018

Pembekalan PPL dan PKLI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIDA 2018

71
0

Blokagung – Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan Integratif (PKLI) Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi dilaksanakan hari ini (04/10/18) di Aula KH. Mukhtar Syafa’at PP Darussalam Blokagung. Kegiatan pembekalan ini diikuti oleh para mahasiswa dan mahasiswi semester 7 yang akan melaksanakan PPL-PKLI di 15 sekolah yang tersebar di Banyuwangi. Kegiatan PPL dan PKLI tahun ini diikuti oleh 119 mahasiswa yang terdiri dari 82 mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam dan 37 mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 8 Oktober sampai dengan 9 November 2018. Kegiatan PPL-PKLI ini diadakan dengan tujuan agar para mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu dan pengetahuan yang di dapat di bangku kuliah ke sekolah yang menjadi tempat kegiatan tersebut selama 1 bulan ke depan. Selain mempraktikkan, kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk pengabdian kampus kepada masyarakat agar manfaatnya bisa dirasakan secara luas dan menyeluruh. PPL mengajarkan mahasiswa calon guru profesional bagaimana menguasai empat kompetensi utama sebagai seorang guru yang profesional.

Kegiatan pembekalan ini sudah dimulai sejak kemarin (03/10/18) di Kantor Yayasan Ponpes Darussalam yang di hadiri oleh seluruh wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan pengembangan dari sekolah yang akan menjadi tempat PPL-PKLI IAIDA 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan menyamakan persepsi tentang PPL-PKLI karena kegiatan yang akan dilaksanakan sedikit berbeda dengan PPL-PKLI dari kampus lain. Perbedaan tersebut terdapat pada PKLI yang konsentrasi utamanya adalah praktik manajerial di lembaga pendidikan Islam. Jadi, PKLI bukan hanya praktik mengajar (minor) tetapi praktikan juga melakukan praktik manajerial dan juga menganalisis proses manajemen lembaga pendidikan Islam pada sekolah/madrasah (mayor).

Pembekalan yang dimulai hari ini sampai dengan tanggal 6 Oktober 2018 akan diisi dengan penyampaian materi kurikulum, perangkat pembelajaran dan pelaksanaan teknis PPL dan PKLI yang ada di sekolah, sehingga para mahasiwa sudah memahami apa yang akan dilakukan ketika sudah ada di tempat pelaksanaan kegiatan. Pada pembekalan tersebut mahasiswa antusias dan bersemangat. Pada materi materi kurikulum, perangkat pembelajaran ini disampaikan langsung Drs. H. Anwarudin, M.Pd.I selaku Wks. MAN 1 Banyuwangi. Pak Anwar dalam menyampaikan materi langsung fokus pada pembuatan perangkat pembelajaran. Beliau setelah menyampaikan materi langsung mengadakan tindak lanjut kepada mahasiswa dengan praktik langsung dengan membuat perangkat pembelajaran dengan mempresentasikan di depan,  agar mengetahui seberapa banyak ilmu yang disampaikan kepada mahasiswa dapat diserap dengan baik apa tidak. Selain materi tersebut juga ada arahan dari Pengasuh PP Darussalam Blokagung. Dalam hal ini disampaikan oleh KH. Aly Asyiqin. Beliau berpesan agar mahasiswa menjaga almamater IAIDA dan pesantren dan juga mahasiswa harus benar-benar mempersiapkan diri sebelum PPL-PKLI dengan belajar lagi. Selanjutnya untuk materi teknis pelaksanaan PPL-PKLI disampaikan oleh Syamsul Mu’arif, S.Pd., M.M selaku Kepala Pusat Penjaminan Mutu IAIDA Blokagung Banyuwangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here