Home Kabar Kampus Semarak Hari Santri HMPS MPI IAIDA Blokagung

Semarak Hari Santri HMPS MPI IAIDA Blokagung

56
0
Semarak : Kaprodi MPI (Baju Putih) bersama peserta lomba Semarak Hari Santri HMPS MPI IAIDA

Blokagung – Semarak Hari Santri Nasional dengan tema “Idealisme Kaum Pesantren” HMPS MPI mengadakan lomba Essay, Presentasi tentang pendidikan pesantren dan Khotmil  Qur’an oleh mahasiswa beasiswa Tahfidz Qur’an Prodi Manajemen Pendidikan Islam, dilaksanakan pada hari ini, Senin, 22 Oktober 2018 yang bertempat di Auditorium lantai 3 Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi. Kegiatan ini sebagai bukti awal kerja nyata HMPS MPI yang baru dilantik 1 bulan yang lalu.

 

Kegitan ini merupakan hasil inisitaif mahasiswa dan HMPS Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Ide dan gagasan kegiatan ini adalah mahasiswa sebagai santri harus memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia.  Kontribusi  yang bisa diberikan saat ini adalah melalui karya ilmiah tentang pentingnya pesantren dalam  pendidikan di Indonesia. Mahasiswa di pesantren merupakan golongan intelelektual muslim yang mempunyai nilai dan sifat otentik. Nilai dan sifat otentik merupakan gagasan-gagasan yang muncul atas dasar pengalaman dan pengetahuannya dalam pesantren. Mahasiswa mempunyai banyak cara untuk menyampaikan gagasannya antara lain dengan demonstrasi, dialog, ataupun menulis di berbagai media seperti koran, majalah, website, dan lain-lain. Namun di antara cara-cara tersebut, tulisan di media akan lebih representatif terhadap para pembacanya. Terlebih mahasiswa di pesantren, maka nilai kajian keislaman perlu disampaikan kepada publik dalam wujud tulisan. Inilah tujuan dari kegiatan ini, memulai memberikan pemahaman pentingnya menulis bagi mahasiswa.

 

Peserta dalam acara lomba Essay tersebut adalah seluruh mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI), begitu juga dalam acara Khotmil qur’an juga mahasiswa MPI IAIDA. Berikut daftar mahasiswa yang berprestasi dalam acara lomba Essay adalah :

 

  1. Weni Wahidatun Nufusiyah (MPI 2017 C) Juara 1
  2. Yorda Bahtiar (MPI 2018 A) Juara 2
  3. Irfan Fauzi (MPI 2018 A) Juara 3
Para Juara lomba Semarak Hari Santri HMPS MPI IAIDA

Ketua Prodi, Bapak Moh. Harun Al Rosid, M.Pd.I, mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba dan memotivasi mahasiswa agar terus berkarya yang lebih baik. “Selamat kepada para mahasiswa yang mendapatkan juara, semoga ini sebagai wujud awal  peningkatan kreatifitas mahasiswa khususnya menulis, kalau bisa mahasiswa MPI IAIDA bisa membuat buku karena masih jarang sekali di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung dan itu sebuah prestasi yang sangat baik sekali, jangan terlalu puas maka ayo terus lakukan research devolepment (penelitian pengembangan)” ungkap Pak harun (sapaan akrab) dengan penuh harapan dan keyakinan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here