Home Kabar Kampus Workshop Metodologi Pembelajaran Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

Workshop Metodologi Pembelajaran Institut Agama Islam Darussalam Blokagung

683
0
Rektor IAIDA Blokagung bersama Narasumber dari Universitas Jember

Blokagung – Hari ini (05/01/2019), Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi mengadakan Workshop “Metodologi Pembelajaran Bagi Dosen IAIDA Blokagung”yang bertempat di Auditorium KH. Mukhtar Syafa’at, Pondok Pesantren Darussalam Blokagung.

Pak Syamsul Mu’arif sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIDA Blokagung bekerja sama dengan Universitas Jember (UNEJ) untuk mengadakan kegiatan ini dengan materi pertama yaitu Student Centered Learning (SCL) oleh Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. Materi kedua Rencana Pembelajaran Semester (RPS) oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Sujarnako, M.M., dan materi ketiga Pengenalan dan Praktek e-Learning dengan Moodle oleh Dr. Ir. Bambang Marhaenanto, M.Eng., yang semua narasumber adalah dosen Universitas Jember.

Pemberian materi oleh salah satu Narasumber dari Universitas Jember

Pak Syamsul mengatakan acara workshop ini perlu diadakan mengingat perlu ditingkatkannya kualitas proses perkuliahan di kampus, supaya sesuai dengan tuntutan perkembangan. Selain itu, acara ini diadakan untuk bekal persiapan bagi dosen IAIDA Blokagung dalam menghadapi semester genap tahun 2018/2019.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB diawali doa oleh Wakil Rektor III, Drs. H. Khozin Kharis, M.H., dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor IAIDA, KH. Ahmad Munib Syafa’at, Lc, M.E.I. Gus Munib (sapaan akrab) mengatakan bahwa metode pembelajaran harus selalu update untuk mengikuti jaman yang selalu berkembang agar mahasiswa selalu mendapatkan pendidikan dan pembelajaran terbaik ketika berada di kelas. Semua dosen IAIDA diwajibkan mengikuti kegiatan ini mengingat begitu pentingnya untuk selalu meningkatkan kegiatan perkuliahan di kelas.

Suasana Workshop di Auditorium Mukhtar Syafa’at, Ponpes Darussalam Blokagung

Kegiatan berlangsung dengan seksama, para dosen sangat antusias mengikuti workshop ini karena akan dijadikan modal ketika menghadapi semester genap mendatang, supaya perkuliahan menjadi lebih baik dan hasil yang didapat ketika evaluasi menjadi lebih memuaskan lagi. “Kita harus lebih bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar di kelas, supaya mahasiswa mendapatkan pendidikan terbaik sesuai dengan instruksi Pak Rektor tadi”, tutur salah satu dosesn IAIDA Blokagung yang ikut dalam workshop tersebut.

Kegiatan diisi dengan pemberian materi oleh narasumber, para dosen mengikuti materi dengan penuh semangat. Dilanjutkan dengan evaluasi, untuk memastikan bahwa ilmu yang disampaikan dapat diserap dengan baik oleh para peserta workshop. Kegiatan ditutup oleh Pak Syamsul sebagai ketua panitia pelaksana sekaligus doa penutup dipimpin oleh Pak Sumari Mawardi pada pukul 15.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here