Home Kabar Kampus Visitasi Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Visitasi Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

88
0

Blokagung – Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) lagi-lagi kembali mendapat tamu kehormatan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menugaskan Assessor untuk melakukan visitasi program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dimana visitasi tersebut merupakan hasil tindak lanjut dari pengajuan akreditasi prodi PBA melalui Sistem Akreditasi Perguruan Online (SAPTO) bulan Maret lalu yang lulus penilaian Assessment Kecukupan (AK) maka dari itu dilanjutkanlah dengan Assessment Lapangan (AL) atau yang lebih di kenal dengan sebutan visitasi.

BAN-PT menugaskan 2 Assessor dari perguruan tinggi yang berbeda, yakni Prof. Dr. Aziz Fahrrurozi dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta dan Prof. Dr. Mohammad Husnan Lubis, Ph.D dari Universitas Sumatera Utara yang tiba pada hari Ahad, 21 April 2019 dan langsung dimulai dengan pembukaan pada pukul 15.00 WIB di ruang F5 Gedung IAI Darussalam. Selain melakukan visitasi pada gedung pendidikan, ruang kelas, perkantoran, perpustakaan dan laboratorium, kedua assessor tersebut juga melakukan bukti fisik dari Borang 3A, Borang 3B, dan Evaluasi Diri pada Senin, 22 April 2019 dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Ilham Nur Kholiq, M.Pd.I sebagai ketua prodi PBA dan H. M. Alaika Nasrulloh, M.Th.I sebagai pendamping dari kaprodi PBA yang sebelumnya beliau menjabat menjadi ketua prodi PBA dan juga bersama stakeholder, mampu menjawab dengan lancar sekaligus menunjukkan bukti fisik yang diminta oleh assessor. “Alhamdulillah, dengan persiapan yang cukup matang dan dibantu oleh rekan tim lainya secara umum berjalan dengan sukses dan lancar dan juga kami bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh asesor kepada kami serta menyerahkan bukti fisik yang telah dimintanya” ungkap Bapak Ilham selaku ketua prodi PBA.

Selain memberikan penilainan dan juga pengarahan tentang bagaimana hubungan antara mahasiswa  menganai hal-hal yang mencakup kebutuhan nilai dimana jumlah SKS berapa yang wajib ditempuh pada setiap semesternya ataupun mahasiswa sebagai calon alumni instansi pendidikan bahasa arab serta pentingnya peningkatan kerjasama dengan stakeholder eksternal. “ Dalam meningkatkan kualitas prodi PBA dengan terus membangun mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga menambah jaringan kerjasama yang baik dengan pihak-pihak terkait khususnya pada pihak Pendidikan Bahasa Arab di tingkat regional, nasional dan bahkan Internasional, karena semakin ketatnya persaingan dari setiap perguruan tinggi  yang membuka prodi PBA demi terwujudnya sebuah kualitas dan kuantitas serta kinerja siap saing dengan pendidikan konvensional lainnya”, tegas Bapak bernama lengkap Mohammad Husnan Lubis dalam pembicaraannya saat memberikan pengarahan.

Dari setiap keterangannya, prodi PBA telah menunjukkan perkembangan yang segnifikan, “setiap tahunnya bagi kami aspek yang telah dilakukan oleh prodi PBA entah dalam segi pembelajaran dan penerapan sehari-hari selalu meningkat dan terus meningkat, hal inilah yang mendukung bagi kami mahasiswa prodi PBA khususnya untuk terus meningkatkan kualitas “Ujar salah satu mahasiswa PBA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here