Home Kabar Kampus SPMB IAIDA Gelombang 1 Berlangsung Tertib

SPMB IAIDA Gelombang 1 Berlangsung Tertib

144
0
Suasana tes interview pada SPMB Gelombang 1 IAIDA Blokagung

Blokagung –┬áSabtu, 22 Juni 2019, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi Gelombang Satu Tahun Akademik 2019/2020 menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) hari ini. Ada sejumlah 160 pendaftar yang dijadwalkan mengikutinya. Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah tes tulis yang terdiri dari materi pengetahuan umum yakni Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia dan Logika, serta materi keagamaan Islam yaitu Akhulussunah waljamaah (Aswaja) an-Nahdliyah. Tes tulis dengan durasi waktu maksimal 150 menit atau 2,5 jam ini diselenggarakan di lokal G, lantai 3, mulai dari ruang G.1 sampai dengan ruang G.7. Selanjutnya peserta tes yang telah menyelesaikan tes tulis langsung mengikuti interview yang terdiri dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan seluruh Ketua Prodi. Interview dilaksanakan di lokal F, ruang F1-F7. Materi interview terkait dengan kesiapan dan kesanggupan peserta pada visi-misi lembaga termasuk juga minat-bakat peserta dan pengetahuan sekaligus penerimaan peserta pada kompetensi program studi yang dipilih.

Suasana tes tulis pada SPMB Gelombang 1 IAIDA Blokagung

Hal berbeda pada SPMB yang digelar pada tahun ini adalah adanya materi logika sebagai bagian dari cara mengembangkan pola pikir penalaran yang baik pada mahasiswa. Sementara itu materi bahasa Inggris dan bahasa Arab dihapus pada SPMB tahun ini, akan tetapi materi Bahasa Inggris dan Arab tersebut ada pada placement test Unit Pengembangan Bahasa yang rencananya dilaksanakan segera, sebelum dimulainya perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2019/2020. Seperti penuturan ketua panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, Drs. H. M. Khozin Kharis, MH., berikut:
“Jadi tahun ini SPMB tidak ada materi bahasa Inggris dan Arab, karena hasil dari tes kedua materi tersebut digunakan untuk penempatan mahasiswa sesuai kemampuannya pada kegiatan intensif (pembinaan) bahasa Inggris dan Arab oleh UPT. Bahasa, insyaallah segera dilaksanakan sebelum perkuliahan semester ganjil dimulai, ya intinya agar tidak dobel tes PMB dan Tes Intensif Bahasa yang sama-sama isinya materi bahasa Inggris dan Arab, jadi lebih fokus”, terangnya.

Suasana kelas pada saat SPMB Gelombang 1 IAIDA Blokagung

Selain itu, logika juga merupakan materi baru pada tes tulis SPMB saat ini karena belum pernah ada pada SPMB sebelumnya, seperti halnya interview yang juga baru kali pertama dilaksanakan pada SPMB tahun akademik 2019/2020. Meskipun demikian peserta tes SPMB tampak antusias dan bersemangat mengikutinya karena panitia PMB menyediakan beasiswa prestasi untuk peserta tes SPMB dengan nilai tertinggi pada masing-masing prodi berupa gratis Sumbangan Wajib Mahasiswa (SWM) satu semester.

“Saya ingin mendapat beasiswa prestasi, makanya semangat mengikuti tes ini dan saya berusaha maksimal meyelesaikannya, semoga dapat, amin”, harap Ikfina, calon mahasiswa prodi MPI.

Untuk hasil tes SPMB Gelombang 1 IAIDA Blokagung bisa dilihat dan didownload disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here