Home Kabar Kampus Kumpul bareng IKADA

Kumpul bareng IKADA

60
0
Suasana pertemuan dan silaturahmi IKADA bersama Warek III di Gazebo Darussalam Timur

Blokagung – Selasa, 9 Juli 2019, Ada pemandangan berbeda selasa sore, ba’da ashar di Gazebo Darussalam Timur, Ikatan Alumni IAIDA (IKADA) mengadakan silaturahmi dan ‘kumpul bareng’ bersama Wakil Rektor 3, Drs. H. M. Khozin Haris, M.H. Pertemuan sore kemarin selain untuk silaturahmi, juga membahas tentang beberapa hal yang penting dan sangat berguna untuk pengembangan pendidikan lembaga untuk masa mendatang. Adapun beberapa hal yang dibahas diantaranya, membantu menyukseskan pengumpulan dokumen alumni yang sudah bekerja, membantu ikut menyukseskan program KKN, pembenahan AD-ART organisasi dan konsolidasi.

Agenda pertama kegiatan ke depan yang dibahas adalah membantu menyukseskan pengumpulan dokumen alumni yang sudah bekerja. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan memantau keberhasilan alumni yang sudah bekerja sejauh mana alumni dapat mengembangkan karir dalam pekerjaannya sesuai minat dan kemampuannya karena ini adalah salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah intitusi lembaga pendidikan melahirkan alumni yang kompeten dan memiliki daya saing di dalam masyarakat luas.

Agenda kedua membahas tentang bagaimana peran alumni dalam membantu dan menyukseskan program KKN yang tiap tahun rutin dilaksanakan dan sifatnya wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Dalam hal ini, alumni yang ada pada daerah sebagai tempat KKN oleh mahasiswa semester 6, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mencari tempat KKN yang tepat guna sesuai dengan kebutuhan desa yang menjadi destinasi KKN dan juga alumni diharapkan dapat mampu ikut menjaga para santri yang KKN diluar pesantren baik putra dan putri secara maksimal.

Agenda ketiga adalah membahas tentang pembenahan Anggaran Dasar – Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) organisasi. AD-ART dalam sebuah organisasi mengandung ketentuan-ketentuan pokok yang berisi visi misi, tujuan didirikannya organisasi, pengelolaan organisasi, tugas dan wewenang dari masing-masing anggota. Hal ini dilakukan agar sebuah organisasi tidak sampai salah arah dari tujuan awal didirikannya IKADA ini. Agar suasana tidak tegang dan nampak santai, pada pertemuan sore kemarin para anggota disediakan kopi dan rujak sebagai hidangannya.

Rapat anggota IKADA

Kenapa dalam pengembangan pendidikan lembaga sangat perlu melibatkan Alumni ? Menurut Pak H. Khozin (sapaan akrab warek 3) menuturkan bahwa peranan alumni dalam sebuah pengembangan dan kemajuan suatu institusi pendidikan secara formal jangan sampai dilupakan, karena alumni merupakan aset penting yang harus dirangkul guna membantu dan melancarkan pengembangan lembaga. “Salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan alumni dalam menjalankan peran mereka dijenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun berbagai bidang pekerjaan yang mereka jalani secara professional sesuai minat dan kemampuan masing-masing individu.” sambung Pak H. Khozin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here