Home Kabar Kampus Pembacaan SK Beasiswa SPMB, Pentas Seni dan Sastra Semarakkan Penutupan ORDIK 2019

Pembacaan SK Beasiswa SPMB, Pentas Seni dan Sastra Semarakkan Penutupan ORDIK 2019

60
0
Foto bersama Seluruh Wakil Rektor, Dekan dan Kaprodi bersama mahasiswa penerima Beasiswa SPMB

Blokagung – Kamis, 05/09/2019 Penutupan Orientasi Pendidikan Kampus Institut Agama Islam Darussalam (ORDIK IAIDA) Blokagung Banyuwangi tahun 2019 yang diselenggarakan di kampus 1 gedung D lantai 3 berlangsung semarak. Sejumlah 490 peserta ORDIK menyambut gembira berakhirnya kegiatan tersebut dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor tentang penerima beasiswa berprestasi hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) yang ditentukan dengan 2 penilaian yakni tes tulis dan tes wawancara. Selain itu pentas seni dan sastra peserta ORDIK sesuai minat dan bakat yang dimiliki semakin menyemarakkan suasana penutupan kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor, Dekan, Ketua dan Staff program studi serta ketua RT setempat.

Wakil rektor 3 bidang kemahasiswaan dan kerjasama dalam sambutan dan pembacaan SK Beasiswa SPMB menyampaikan bahwa berbeda dengan kampus lain, IAIDA Blokagung yang merupakan Perguruan Tinggi berbasis pesantren ini sangat menghormati pemimpin wilayahnya. ” IAIDA Blokagung itu kampus berbasis pesantren, maka jika kampus lain dalam acara kampusnya menghormati pemimpin wilayahnya; Bupati, Gubernur dan sebagainya, IAIDA Blokagung lebih dari itu, contohnya dalam penutupan ORDIK ini sebagai penghormatan pada pemimpin wilayahnya IAIDA mengundang ketua RT, karena ketua RT yang justru merupakan pemimpin wilayah yang paling dekat dan kontribusinya yang besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban kampus kita, layak untuk dihargai”, tegasnya disambut tepuk tangan.

Pembacaan SK Rektor oleh Wakil Rektor III tentang pemberian Beasiswa SPMB

Lebih lanjut, Pak Khozin sapaan akrab wakil rektor 3 yang juga menjadi penanggungjawab ORDIK ini berpesan pada peserta ORDIK bahwa IAIDA Blokagung setiap semester menyediakan beasiswa dengan nilai total Rp. 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) diberikan pada mahasiswa berprestasi baik akademik maupun non akademik serta beasiswa kurang mampu.

“Semangat yang kalian peroleh dari kegiatan ORDIK ini harus dipertahankan, termasuk semangat meraih beasiswa karena setiap semester IAIDA Blokagung menyediakan Rp. 150.000.000,00 terdiri dari beasiswa prestasi baik akademik (IPK terbaik di setiap angkatan pada masing-masing program studi) maupun non akademik (sesuai minat dan bakat mahasiswa pada prestasi kompetisi tingkat wilayah dan nasional) juga beasiswa kurang mampu, raihlah beasiswa itu sesuai dengan potensi Saudara”,  pesannya.

Pasca membacakan SK Beasiswa SPMB, alumni Universitas Sunan Giri Surabaya tersebut juga menyampaikan tatacara pengambilan SK tersebut dengan harus menunjukkan sertifikat telah mengikuti ORDIK.

“Pada hari kerja, silahkan bagi Saudara dan Saudari yang memperoleh beasiswa prestasi SPMB mengambil SKnya dengan menunjukkan sertifikat ORDIK yang asli, agar Kami yakin Saudara penerima beasiswa benar-benar mengikuti ORDIK, karena ORDIK adalah salah satu kegiatan awal yang harus diikuti oleh mahasiswa sebagai pengenalan pada kampusnya, jika misalnya penerima beasiswa tidak mampu menunjukkan sertifikat ORDIK dan terbukti tidak mengikuti kegiatan ORDIK, maka beasiswanya akan diberikan pada peserta SPMB yang nilainya di bawahnya”, terangnya.

Sementara itu kegiatan pentas seni dan sastra sesuai minat dan bakat adalah kegiatan yang paling ditunggu oleh peserta ORDIK, karena pada kegiatan inilah mereka punya kesempatan untuk menunjukkan potensi mereka dan pada akhirnya nanti mereka akan menentukan masuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sesuai.

Seperti penuturan pendamping Kegiatan ORDIK, Lutfi Wakhid, S.Pd.I berikut: “tujuan pentas seni dan sastra adalah memberi kesempatan pada peserta ORDIK untuk menunjukkan potensi nantinya mereka akan memilih UKM yang sesuai, selain untuk menghibur peserta ORDIK yang selama kegiatan ini bina suasana oleh panitia dan instruktur, mereka senang dan Kami juga turut senang”, jelasnya.

ORDIK yang dilaksanakan mulai tanggal 02 September 2019 tersebut merupakan penanaman karakter disiplin, semangat berprestasi, kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebanggaan sebagai mahasiswa yang santri melalui materi yang tidak hanya disampaikan secara teoritis tapi juga praktis melalui pendampingan oleh dosen dan rektorat yang ditunjuk melalui SK Rektor. Kontribusi peserta ORDIK melalui Bhakti Sosial pada masyarakat sekitar juga dilakukan pasca pelaksanaan analisis sosial (ansos) dalam rangka membangun silaturrahmi dan bersinergi.

Penutupan Ordik 2019 oleh Wakil Rektor I

Penutupan ORDIK oleh wakil rektor 1 bidang akademik, penelitian dan pengembangan lembaga yang dalam sambutannya berharap pasca kegiatan ORDIK, semangat mahasiswa dan kedisiplinan yang dibiasakan saat mengikuti ORDIK harus diteruskan saat menjadi mahasiswa.

“Semangat mengikuti kegiatan ORDIK harus diteruskan saat menjadi mahasiswa dengan semangat mengikuti perkuliahan dan kedisiplinan yang dibiasakan pada kegiatan ini juga harus dilestarikan saat menjadi mahasiswa bahkan saat sudah lulus nanti, termasuk disiplin dan tepat waktu input data kemahasiswaan, karena terlambat input data di SIAKAD misalnya, maka itu juga berpengaruh pada status kalian di pangkalan data perguruan tinggi kemenristek dikti, ini yang dihawatirkan, karena tentu saja semua mahasiswa berharap lulus cepat dan tepat waktu kan?” tanyanya yang diamini seluruh peserta ORDIK.

Daftar Penerima Beasiswa SPMB 2019

  1. Ulwan Kurniawan, KPI, SWM 1 semester
  2. Moh. Fikri Ridlo Maulana, KPI, SWM 1/2 semester
  3. Mohammad Mohtar Syafa’at, BKI, SWM 1 semester
  4. Zakaria Ahmad, BKI, SWM 1/2 semester
  5. Ulfa Nur Jannah, PSY, SWM 1 semester
  6. Ahmad Aikon Anwarulloh, PSY, SWM 1/2 semester
  7. Hikmah Nur Izza, ESY, SWM 1 semester
  8. Sholikhin, ESY, SWM 1/2 semester
  9. Izza Novita Zailanty Agustin, T.Bin., SWM 1 semester
  10. Muhammad Fauzi al-Hamdi, T.Bin., SWM 1/2 semester
  11. Anisa Nur Rahayu, T.Big., SWM 1 semester
  12. Nida Dusturiya, T.Big., SWM 1/2 semester
  13. Riky Nur Kholiq, MPI, SWM 1 semester
  14. Muslihatul Maghfiroh, MPI, SWM 1/2 semester
  15. Anisatul Adibah, PBA, SWM 1 semester
  16. Sabirun Jamil, PBA, SWM 1/2 semester

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here