Home Kabar Kampus Pengenalan Lapangan Pendidikan ke SMA Nahdaltul Ulama Terbaik se-Jawa Timur

Pengenalan Lapangan Pendidikan ke SMA Nahdaltul Ulama Terbaik se-Jawa Timur

73
0
Suasana di Auditorium SMA NU 1 Gresik, terbaik se-Jawa Timur.

Blokagung – Rabu, 16 Oktober 2019, Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi mengadakan study tour ke Gresik dan Surabaya. Study tour  ini dalam rangka pelaksanaan Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) . PLP  merupakan  kegiatan pengenalan lapangan pendidikan tahap pertama yang mana terdapat 3 lingkup pembahasan yaitu manajemen madrasah (sekolah), manajemen pesantren, dan manajemen perkantoran. Study tour dalam rangka PLP 1 ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa MPI angkatan 2016 guna memenuhi mata kuliah Praktikum Manajemen Pendidikan dan sebagai persyaratan untuk mengikutinya PLP 2.

Tujuan PLP yang pertama adalah SMA NU 1 Gresik, yang mana SMA NU 1 Gresik merupakan SMA NU terbaik se-Jawa Timur, sehingga menjadi tujuan untuk kegiatan PLP 1. Peserta dari IAIDA disambut dengan sangat baik oleh bapak dan ibu guru, staff, Waka Humas, Humas, dan Kepala SMA NU 1 Gresik. Pukul 08.00 WIB acara seminar dimulai yang dipimpin oleh Bapak Heru Iswanto, S.Kom. Selaku pembawa acara, dan dilanjutkan sambutan dan ucapan selamat datang dari bapak Drs. H. Agus Syamsuddin, M.A. .selaku kepala SMA NU 1 Gresik, dan sesi ketiga yaitu penyampaian materi tentang manajemen lembaga pendidikan Islam terutama manajemen di SMA NU 1 Gresik yang disampaikan oleh langsung Bapak kepala SMA NU 1 Gresik. Sesi keempat dialog interaktif dengan mahasiswa IAIDA, dan sesi ke lima observasi manajemen lembaga pendidikan Islam di SMA NU 1 Gresik, dan sesi terakhir penutup, doa dan pemberian cinderamata.

Suasana Ruang Kepala Sekolah SMA NU 1 Gresik

Beberapa poin penting yang disampaikan oleh kepala SMA NU 1 Gresik yaitu bapak Agus Syamsuddin tentang manajemen di SMA NU 1 Gresik ialah menjadikan kelemahan sebagai kelebihan dan menjadikan peluang sebagai tantangan. 3 hal utama yang diperhatikan untuk mewujudkan manajemen lembaga pendidikan  yang baik, SMA NU 1 Gresik menerapkan pengelolaan yang berlandaskan prinsip 3P, yaitu Penampilan, Pelayanan dan Prestasi. Pertama, penampilan yaitu menyiapkan sarana dan prasarana yang terbaik guna menjadikan wajah dari SMA NU 1 Gresik baik dan berkualitas. Penyediaan sarana dan prasarana yang representatif menjadikan daya tarik tersendiri bagi peserta didik dan para wali peserta didik guna menjadikan sekolah SMA  NU 1 Gresik tujuan untuk mengembangkan ilmu. Sarana dan prasarana yang lengkap dan berkualitas disediakan SMA NU 1 Gresik juga berfungsi sebagai penunjang proses pembelajaran peserta didik dan juga memfasilitasi bakat dan minta peserta didik yang mana SMA NU 1 Gresik menyediakan 43 ekstrakurikuler dan juga untuk pengembangan karakter anak dengan menyediakan klinik agama sebagai soft teraphy mental peserta didik dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti istighosah, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sebagainya. Tersedia juga kebun buku sebagai sarana pengembangan ilmu dan pengetahuan peserta didik dengan suasana nyaman dan sejuk, tersedia juga food court guna memberikan makanan sehat dengan gizi yang mencukupi perserta didik.

Kedua, pelayanan berbagai pelayanan yang optimal sudah diterapkan di SMA NU 1 Gresik diantaranya ialah penerapan budaya 6S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Salim, Sopan, Santun yang mana dilakukan setiap hari. Dan juga untuk pelayanan administrasi dari berbagai aspek sudah dilakukan dengan sistem komputerisasi. Untuk sistem kurikulum pada tahun 2019 sudah menerapkan sistem SKS sehingga bagi siswa yang mempunyai kelebihan bisa lulus dengan waktu yang lebih singkat. Ketiga, prestasi dengan berbagai sarana dan prasarana yang lengkap dan berkualitas disertai pelayanan yang optimal, maka otomatis akan berpengaruh dengan berbagai prestasi-prestasi yang diraih oleh peserta didik di SMA NU 1 Gresik, seperti yang dikatakan oleh bapak Agus Syamsudin selaku kepala SMA NU 1 Gresik setiap tahun SMA NU 1 Gresik kurang lebih bisa mendapat piala 50-60 piala dari berbagai bidang perlombaan. Hal ini membuktikan bahwa dengan berbagai aspek yang telah disediakan oleh SMA NU 1 Gresik langsung memberikan dampak terhadap prestasi peserta didik di SMA NU 1 Gresik.

Silaturahmi ke Prodi MPI UIN Sunan Ampel Surabaya

Dilanjutkan dengan acara kedua dalam agenda kegiatan PLP 1 silaturahmi di Prodi MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Peserta IAIDA disambut dengan sangat baik oleh Ibu Kaprodi MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu Ibu Hj. Nikmatus Sholihah, M.Pd., Ketua jurusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, sekretaris jurusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, sekretaris Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan juga HMPS Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara seminar dibuka dengan ucapan selamat datang dan terimakasih dari ketua prodi Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Ampel Surabaya oleh ketua jurusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Sesi kedua yaitu seminar tentang prodi Manajemen Pendidikan Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya mulai dari visi misi dan tujuan, sistem kelembagaan, struktur organisasi, proses perkuliahan dan proses penerapan manajemen pendidikan Islam melalui KKN dan PPL hingga proses tahapan akhir yaitu skripsi. Sesi ketiga dialog interaktif dengan mahasiswa Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi. Sesi keempat penutup, doa dan pemberian cinderamata mata.

Ada 3 poin penting yang harus diperhatikan dalam penuturan Ibu Hj. Nikmatus Sholihah, M.Pd. selaku ketua prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, bahwa profil lulusan MPI harus fokus menjadi, sebagai berikut:

  1. Tenaga  Tata laksana pada Satuan dan Penyelenggara Pendidikan Islam (TTSP)
  2. Pengelola Sistem Administrasi Pendidikan Islam (PSIA)
  3. Edupreneur Pendidikan Islam

Harapan dari pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP)  ini ialah agar mahasiswa dapat mengimplementasikan manajemen pendidikan Islam berdasarkan materi yang sudah di dapatkan selama perkuliahan dengan keadaan di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here