Home Kabar Kampus Farewell Party Intensif Bahasa Dimeriahkan Ragam Penampilan Member yang Aktraktif

Farewell Party Intensif Bahasa Dimeriahkan Ragam Penampilan Member yang Aktraktif

136
0
Penampilan Member UPT Bahasa IAIDA

Blokagung – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Institut Agama Islam Darussalam Blokagung melaksanakan Farewell Party pada hari Minggu, 10 Pebruari 2020 di Aula Agus Bahjatul Ulum diikuti oleh 826 member terdiri dari 448 member reguler merupakan mahasiswa IAIDA angkatan 2019 dan member non reguler, yakni member yang mengulang program karena tidak lulus program intensif bahasa tahun lalu, sebanyak 378 member.

Sebelum acara dimulai, sebagian peserta menampilkan drama berbahasa Inggris yang dilengkapi dengan iringan musik, tarian dan juga menyanyikan lagu berbahasa Inggris. Penampilan sukses membuat gemuruh member dan tamu undangan ruangan bertepuk tangan.

Penampilan musik dalam bahasa inggris oleh Member UPT

Pukul 09.30 acara dimulai dengan hadirnya panitia di panggung utama yang membawakan acara tersebut menggunakan bahasa Arab dan Inggris dengan fasih dan lancar dengan intonasi yang tepat dan meyakinkan, sampai membuat terpesona tamu undangan yang hadir.

Usai pembacaan ayat suci al-Qur’an sebagai pembuka acara, sambutan perwakilan member putri yang fasih berbahasa Inggris dilanjutkan dengan member putra yang juga fasih berbahasa Arab. Pada intinya mereka mengucapkan terimakasih pada tutor intensif atas bimbingan yang diberikan, kesabaran dalam memberikan bimbingan serta harapan agar mampu mengaplikasikan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris dalam kehidupan sehari-hari juga mampu mengembangkannya dengan lebih baik lagi.

Direktur UPT Bahasa, Ning Hj. Zulfi Zumala Dwi Andriani, MA. saat memberikan sambutan mempunyai dua harapan besar untuk pengembangan intensif bahasa yaitu punya kantor yang lebih luas dan punya laboratorium bahasa untuk praktik dan tes toefl maupun toafl.

“Ada dua harapan yang saya utarakan mewakili teman-teman UPT Bahasa dalam pengembangan ke depan, satu punya kantor yang lebih luas dan punya lab. bahasa, karena kantor yang sekarang cukup sempit untuk aktifitas rapat perencanaan dan evaluasi kegiatan intensif bahasa bersama seluruh tutor, kedua punya lab. bahasa sehingga tidak perlu tes bahasa, toefl maupun toafl ke luar kampus, padahal saat ini hal itu ada di kampus luar kabupaten Banyuwangi dan hal ini juga atas pertimbangan member kita mayoritas santri, sulitnya perizinan dan akomodasi ke tujuan, membuat kami benar-benar berharap segera punya lab. bahasa”, harapnya.

Intensif bahasa adalah program UPT Bahasa yang berorientasi pada pengembangan keterampilan berbahasa untuk mahasiswa yang dimulai sejak tahun 2017 dan menjadi kegiatan wajib mahasiswa mulai angkatan tersebut sebagi pra syarat mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Pengalaman Lapangan. Program tersebut dilaksanakan setiap hari Senin-Kamis untuk member reguler dan Setiap hari Sabtu dan Minggu untuk member non reguler. Intensif Bahasa Arab dilaksanakan di kampus gedung F dan G, sedangkan intensif bahasa Inggris diselenggarakan di gedung S dan SM.

Farewell Party yang berlangsung di hari itu merupakan kegiatan pasca evaluasi kegiatan dan pembagian sertifikat untuk member yang lulus. Civitas akademika menjadi tamu undangan mulai Senat, Rektor, LPM, Dekan dan Ketua Program Studi.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Drs. H. M. Khozin Kharis, MH. dalam sambutannya menyampaikan kebanggaan dan harapan agar intensif bahasa terus dikembangkan dan dipromosikan pada masyarakat luas, termasuk melalui media sosial.

“Kami sangat bangga dan malu sebenarnya intensif bahasa yang kantornya kecil tapi kontribusinya sangat besar dalam membimbing keterampilan berbahasa Arab dan Inggris mahasiswa IAIDA, kami lihat tadi penampilan pembuka, pembawa acaranya mereka semua sangat fasih dan lancar berbahasa Arab dan Inggris, menurut kami UPT Bahasa IAIDA ini sudah layak menggelar acara kaliber nasional bahkan global. Maka kami juga berharap mohon kegiatan bagus seperti dipublikasikan agar masyarakat tahu bahwa mahasiswa IAIDA juga mempunyai keterampilan berbahasa asing yang luar biasa”, ungkapnya.

Di akhir acara ada pembagian hadiah kepada member berprestasi putra dan putri yang dilanjutkan dengan ragam penampilan member perwakilan 8 program studi: Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Bahasa Indonesia, Ekonomi Syariah, Perbankan Syaria, Komunikasi Penyiaran Islam dan Bimbingan Konseling Islam, melalui drama, puisi, menyanyi berbahasa Arab dan Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here