Home Kabar Kampus Rapat Dosen IAIDA Persiapan Masuk Semester Genap dihadiri KH. Ahmad Hisyam Syafa’at

Rapat Dosen IAIDA Persiapan Masuk Semester Genap dihadiri KH. Ahmad Hisyam Syafa’at

130
0
Suasana rapat dosen IAIDA bersama KH. Ahmad Hisyam Syafa’at

Blokagung – Sabtu, 29 Pebruari 2020 dosen Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung mengadakan rapat persiapan masuk semester genap tahun akademik 2019/2020 di ruang rapat dosen (G.2) kampus 1.

Hadir pada acara tersebut, KH. Ahmad Hisyam Syafa’at, pengasuh dan ketua yayasan pondok pesantren Darussalam Blokagung yang memberikan pengarahan tentang nilai-nilai utama mengajar di kampus berbasis pesantren yaitu nilai penghargaan dari masyarakat yang meyakini bahwa dosen yang mengajar di kampus pesantren tidak hanya mengajar tapi juga mendidik budi pekerti santri (mahasiswa), nilai manfaat yang diberikan santri santri (mahasiswa) kepada masyarakat saat kembali ke asal daerahnya dan nilai keberkahan yang akan didapat dosen atas jariyahnya membantu pengembangan pendidikan pesantren.

KH. Ahmad Hisyam Syafa’at saat memberikan arahan kepada Dosen IAIDA

“Alhamdulillah, Bapak dan Ibu dosen yang saya hormati, Panjenengan semua harus banyak bersyukur ditakdirkan menjadi dosen yang mengajar di kampus berbasis pesantren, punya 3 nilai utama: (1) mendapat penghargaan dari masyarakat karena memberikan manfaat keilmuan yang dimiliki pada santri; (2) mendapat manfaat atas kontribusi santri yang mengamalkan ilmunya pada masyarakat; (3) mendapat manfaat dari doa-doa santri dan pengasuh pesantren yang insyaallah menjadi perantara keberkahan hidup”.

Kyai Hisyam juga menambahkan bahwa tidak perlu ingin kaya karena definisi kaya itu adalah ketentraman dalam hati.

“Mengajar di pesantren itu membuat tentram di hati, tidak perlu ingin kaya, karena sesungguhnya kaya itu adalah ketentraman yang  ada di hati, jika kaya tapi terus kepikiran hutang setiap hari, tidak tentram hidupnya, maka dia tidak masuk definisi kaya”.

Rektor IAIDA Blokagung, KH. Ahmad Munib Syafa’at saat membuka acara menyampaikan tentang perlunya dosen untuk ikut serta melakukan riyadlah, sholat tahajud dan mendoakan santri dan calon santri (mahasiswa).

KH. Ahmad Munib Syafa’at saat memberikan arahan kepada Dosen

“Kalau dosen di kampus luar ditarget untuk mendapatkan minimal 1 atau 2 mahasiswa dalam penerimaan mahasiswa baru. Di IAIDA Blokagung ini dosen tidak kami seperti itu, kami hanya ingin dosen turut serta riyadlah, shalat tahajud dan mendoakan santri dan calon santri, mahasiswa IAIDA itu adalah santri, maka calon mahasiswa juga merupakan calon santri. Riyadlah, shalat tahajud dan mendoakan dengan khusyuk santri dan calon santri itu juga merupakan strategi pesantren termasuk kampus berbasis pesantren dalam pengembangan pendidikan pesantren dari segi kualitas maupun kuantitas”, tegasnya.

Dalam acara tersebut, Drs. Eko Budiywono, MH. menghimbau seluruh dosen aktif mengakses siakad karena sistem bisyarah (pembayaran gaji) dosen berdasarkan pada aktifitas dosen dalam menginput kehadiran dan pendampingan kegiatan mahasiswa yang semua terekam dalam siakad.

“Bapak dan Ibu dosen, kami sangat berharap terus meningkatkan aktifitas dalam mengakses siakad, karena sesuai kebijakan di akhir semester gasal, pada semester genap ini sistem bisyarah dosen berdasarkan siakad, mulai kehadiran dalam memberi perkuliahan maupun aktifitas pembimbingan mahasiswa”, jelasnya.

Ketua LPM IAIDA, Saymsul Mu’arif, S.Pd., MM. sangat jelas dan tegas dalam sambutan di akhir acara meminta seluruh dosen untuk meningkatkan kualitas pembimbingan pada mahasiswa termasuk dalam perkuliahan, harus buat RPS sebagai pedoman pengajaran yang juga berisi CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan).

“RPS itu sangat penting sebagai panduan dosen dalam mengajar, jika punya panduan maka standar dan arah yang ingin dicapai pada proses pembelajaran akan jelas, jika ada yang tanya apa standar mata kuliah tersebut? Jawabannya mudah sudah ada di CPL, itu jika punya RPS, maka kami sangat berharap sebelum perkuliahan semester genap dimulai pada tanggal 07 Maret 2020, seluruh dosen sudah mengumpul RPS pada ketua prodinya masing-masing”, pintanya.

Rapat dosen yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB itu ditutup dengan doa oleh ketua prodi Perbankan Syariah, Munawir, M.Ag. dengan harapan seluruh informasi dan harapan yang disampaikan oleh pengasuh dan para pengelola IAIDA Blokagung bisa terlaksana dengan baik pada perkuliahan semester genap yang sesuai kalender akademik dimulai pada hari Sabtu, 07 Maret 2020 sampai dengan 30 Juli 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here