Beranda Kabar Kampus Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Banyuwangi Membimbing Peserta PPL Tadris Bahasa Indonesia...

Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Banyuwangi Membimbing Peserta PPL Tadris Bahasa Indonesia Menggunakan Media dan Evaluasi Belajar Yang Kekinian

127
0

Blokagung – Minggu (07/02/2021) Peserta pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi mendapatkan materi tentang Media Pembelajaran, Desain dan Strategi Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran yang disampaikan dengan baik dan penuh semangat oleh Iroe Sukartono Mahdi, M.Pd., Ketua MGMP Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kabupaten Banyuwangi.

Pak Iroe (sapaannya) menyampaikan tentang perlunya mahasiswa update terhadap perkembangan tekhnologi pada media dan evaluasi pembelajaran. Hal tersebut penting dilakukan mengingat saat ini masih masa Pandemi Covid-19 di tengan zaman yang serba digital. “Update perkembangan media pembelajaran kekinian, kalian ini kan generasi milenial yang hidup di zaman digital, maka penting untuk menguasai media dan tekhnologi pembelajaran yang juga kekinian, hal ini juga berlaku pada evaluasi pembelajaran, tujuannya jelas yakni menarik minat siswa agar tertarik dan semangat pada materi-materi yang kalian sampaikan”, terangnya.

Menurut informasi Pak Iroe saat ini banyak sekali guru bahasa Indonesia, tetapi jika punya nilai plus yang tidak dimiliki yang lain, maka tentu kalian menjadi prioritas. “Bukan hanya di dunia bisnis, di dunia kerja persaingan juga ada. Maka kalian sebagai calon guru bahasa Indonesia, jurnalis dan penerjemah, harus punya keahlian yang lebih baik dari yang lainnya, misalnya lulus Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) dan lulusan pesantren yang mengusai kajian agama Islam secara mendalam”, jelasnya.

Tahun lalu Program Studi Tadris Bahasa Indonesia bekerjasama dengan Balai Bahasa Surabaya untuk melakukan Tes UKBI yang telah dilaksanakan tanggal 29 Oktober 2019 pada mahasiswa Angkatan tahun 2016 dan tahun 2017 yang saat ini menempuh semester tujuh dan bersiap mengikuti Micro Teaching sebagai ganti kegiatan Praktik Pengalaman Lapaangan (PPL) yang tahun-tahun sebelumnya dilakukan di sekolah atau madrasah yang sudah melakukan Mou dengan Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi. Kegiatan Pembekalan PPL tersebut diakhiri tersebut penandatangan MoU yang bertujuan untuk kerjasama praktikum, workshop, pelatihan dsb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here