Home Agenda DOSEN FTK IAIDA TERBANYAK MENDAPATKAN HIBAH PENELITIAN

DOSEN FTK IAIDA TERBANYAK MENDAPATKAN HIBAH PENELITIAN

18
0

Blokagung – Minggu (07 Februari 2021) Lembaga Pengabdian Pada Mayararakat (LPPM) Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi menetapkan Nomine terpilih bantuan penelitian kolaboratif tahun 2021 berdasarkan keputusan Panitia Penyelenggara Penelitian dan Pengabdian Kolaboratif Nomor: 315/B.03/LPPM-IAIDA/II/2021 yang ditandatangani oleh Ketua LPPM, H. Muhammad Alaika Nasrulloh, M.Th.I. Menariknya Nomine terpilih yang terbanyak adalah Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK). Mereka adalah dosen-dosen muda berbakat dari Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Arab dan Manajemen Pendidikan Islam.

Sejumlah tiga dari empat kelompok kolaboratif Dosen dan Mahasiswa yang ditetapkan mendapatkan dana hibah penelitian adalah Dosen dan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) tersebut, kelompok 1 dengan skor nilai 163,5 yaitu Ali Manshur, M.Pd., dan Syafi’ Junaidi, M.Pd. (keduanya adalah Dosen Prodi Tadris Bahasa Indonesia), M. Nur Fauzi, MH. (Dosen Prodi Manajemen Pendidikan Islam) yang berkolaborasi dengan M. Budi Lestari, (Mahasiswa Prodi MPI semester tujuh) dengan judul: Pengaruh Pendekatan Multi Disiplin Keilmuan Dalam Studi Islam Terhadap Kajian Kitab Kuning Mahasiswa IAIDA Blokagung Banyuwangi.

Kelompok 2 dengan skor nilai 162 yaitu Nur Maya Badriyatul Jamroh, M.Pd. (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab) dan Amirotun Nahdliyah, M.Pd.I. (Dosen Prodi Manajemen Pendidikan Islam) yang berkolaborasi dengan Jauharotut Tauhidiyah, M.Pd.I dan Nurul Hidayati (Mahasiswa) dengan judul: Program Pesantren Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung. Kelompok 3  dengan skor nilai 134,5 yaitu Anyes Lathifatul Insaniyah, M.Pd. (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab) dan Nur Hidayati, M.Pd.I. (Dosen Prodi Manajemen Pendidikan Islam) berkolaborasi dengan Ulva Nur Jannah dan Diana Novita Sari (Mahasiswa) dengan judul: Kontribusi Biah Arabiyah (Lingkungan Berbahasa Arab) Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.

Sedangkan kelompok lainnya yang terpilih mendapat dana hibah penelitian adalah dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) yaitu Ginanjar Prastyanto, MA. (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Islam) dan Hasyim Iskandar, M.Sos. (Dosen Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam) berkolaborasi dengan Fatma Izzatun Nafi’ah dan Ahmad Sudrajat (Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Islam. Kelompok ini mendapatkan skor nilai 142 dengan judul penelitian: Membedah Hasrat Mahasiswa IAIDA Dalam Belajar Di Ruang Perkuliahan Dan Forum Siswa. Masing-masing kelompok penelitian mendapat dana Tiga Juta Rupiah untuk bekal melakukan riset dan membuat laporan penelitian karena panitia penyelenggara menetapkan Monitoring dan Evaluasi terbagi dalam tiga tahapan yang ketetapan pelaksanaannya menyusul.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Penelitian dan Pengembangan Lembaga, Drs. Eko Budiywono, MH. Menyampaikan bahwa setiap tahun IAIDA Blokagung Banyuwangi menyediakan dana hibah penelitian kepada dosen untuk berkolaborasi dengan mahasiswa dalam rangka melakukan penelitian di lingkungan IAIDA dan Pesantren Darussalam Blokagung yang bertujuan memberikan kontribusi pada program pengembangan Sumber Daya Manusia maupun kelembagaan. “Meskipun dana hibah yang diberikan nominalnya tidak sebanyak dari Bappeda, Diktis, Dikti dan instansi lainnya tapi setidaknya dengan adanya program ini dosen bisa meneliti hal-hal yang mungkin bisa diperbaiki, dikembangkan dan ditingkatkan, baik dari SDM, program pengembangan lembaga maupun penyediaan dan perawatan fasilitas yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada mahasiswa sebagai pelanggan jasa pendidikan di IAIDA maupun santri di Pesantren. Dan tentu dengan diajak kolaborasi oleh dosen, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman melakukan penelitian yang tentu sangat bermanfaat pada saat mahasiswa nantinya menempuh program skripsi sebagai pemenuhan diantara syarat kelulusan”, jelas alumnus Universitas Surabaya yang akrab dipanggil Pak Eko.

Program Penelitian telah berlangsung sejak tahun 2019 dan direncanakan akan terus ditingkatkan nominal dana hibah yangdiberikan sebagai motivasi kepada dosen dan mahasiswa untuk mau melakukan penelitian yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain Pendidikan dan Pengabdian. Melalui tema-tema yang diangkat dari lingkungan IAIDA dan Pesantren Darussalam Blokagung harapannya hasil penelitiannya bisa menjadi rekomendasi program pengembangan lembaga dan menjadi ajang latihan dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian di tingkat nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here