Home Agenda MAHASISWA PBA IAIDA BLOKAGUNG MENGERJAKAN PRE TES TOAFL MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER

MAHASISWA PBA IAIDA BLOKAGUNG MENGERJAKAN PRE TES TOAFL MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER

14
0

Blokagung – Minggu (07/02/2021) Hari kedua pembelakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada mahasiswa semester tujuh Program Studi Bahasa Arab yang membahas tema: Media dan Tekhnologi Pembelajaran serta Evaluasi Pembelajaran. Materi yang disampaikan oleh Ketua Asosiasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia, Ahmad Makki Hasan, M.Pd. ini berlangsung mulai pukul 09.00-12.30 WIB di Kampus 1 IAIDA Lantai 2 Ruang F4 yang diikuti oleh 29 mahasiswa dan 7 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kehadiran DPL selain menyimak materi juga melakukan koordinasi di akhir acara dengan mahasiswa terkait kesiapan pelaksanaan Micro Teching sebagai ganti PPL yang seharusnya dilakukan di sekolah/madrasah, tetapi tidak bisa dilakukan karena masih Pandemi Covid-19.

Hari ini mahasiswa fokus pada pengenalan dan pemanfaatan media pembelajaran kekinian dengan tekhnologi komputer berupa aplikasi yang berisi penjelasan materi menjawab soal-soal sebagai persiapan mengikuti Test Of Arabic as a Foreign Language atau yang disingkat TOAFL. Oleh karena itulah mahasiswa membawa computer dan diberikan link untuk mengakses dengan alamat: www.gg.gg/latihan-bahasa-arab-1. Mahasiswa yang semangat ingin segera mengetahui aplikasi tersebut langsung membuka link tersebut dan menemukan materi-materi yang dikemas dalam video yang aplikatif sehingga memudahkan mahasiswa memahami materi yang disampaikan sebagai persiapan mengerjakan tugas, berupa soal-soal yang masing-masing mengandung skor nilai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Akan tetapi sebelum mahasiswa menyimak materi yang disampaikan, terlebih dahulu mahasiswa harus mengisi biodata termasuk usia, karena hal ini menentukan materi dan soal yang akan dikerjakan disesuaikan dengan usia. Meskipun dua mahasiswa mencentang usia yang sama pada biodata, tapi jika kedua mahasiswa tersebut mengakses link dari computer yang berbeda, bisa jadi soal-soal yang akan dijawab juga berbeda.

Ustadz Makki (sapaannya) sangat telaten mendampingi mahasiswa yang memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengukur kemampuannya dalam penguasaan bahasa Arab. Hal ini juga dilakukan oleh Ustadz Makki pada DPL yang ternyata semuanya tertarik untuk turut serta memanfaatkan aplikasi tersebut. Ustadz Makki langsung mendatangi mahasiswa dan dosen yang butuh bantuan membuka aplikasi tersebut, bahkan menyampaikan pada peserta untuk terus aplikasi tersebut berkali-kali jika skor nilainya kurang memuaskan sampai sesuai yang diharapkan.

“Aplikasi ini bisa terus diakses dan secara otomatis akan terreset soal-soalnya, berganti yang baru, sehingga menambah wawasan untuk penguasaan bahasa Arab, maka cobalah berkali-kali menyimak materinya dan berkali-kali menjawab soal-soalnya sampai mencapai skor yang diinginkan, jangan berhenti mencoba ya?”, pinta alumni UIN Maliki Malang yang ahli dalam tekhnologi pembelajaran bahasa Arab itu.

Dalam sambutan penutup Ketua Prodi PBA, Ilham Nur Kholiq, M.Pd. menyampaikan terimakasih kepada Ustadz Ahmad Makki Hasan, M.Pd. telah berkenan membagi ilmunya pada mahasiswa meski harus dating jauh dari Kota Malang. “Terimakasih Ustadz Makki perjalanan yang jauh dari Malang ke Blokagung Banyuwangi untuk membagi ilmunya, semoga manfaat dan barokah, aamiiin”.

Pembekalan PPL Mahasiswa Prodi PBA diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat serta penandatanganan MoU (Memorandum Of Understanding), kerjasama yang berorientasi pada kegiatan pengembangan keterampilan mahasiswa dalam penguasaan bahasa Arab, khususnya dalam persiapan Tes TOAFL yang bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan studi ke strata dua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here