Home Agenda Pembekalan Micro Teaching Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIDA Blokagung Oleh Ketua MGMP...

Pembekalan Micro Teaching Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIDA Blokagung Oleh Ketua MGMP Bahasa Arab se-Indonesia

127
0

Blokagung – Sabtu (06 Februari 2021). Bertempat di Kampus 1 Lantai 2 Ruang F4 sejumlah 36 mahasiswa semseter tujuh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi mengikuti kegiatan Pembekalan Micro Teaching sebagai ganti Parktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mengajar di sekolah yang saat ini masih banyak yang belum kondusif akibat Pandemi Covid19 yang belum berakhir. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00-12.30 WIB, dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Ilham Nur Kholiq, M.Pd.

Saat memberikan sambutan, Pak Ilham (sapaannya) menyampaikan pada peserta pentingnya menguasai perencanaan pengajaran sebagi bentuk kesiapan calon guru bahasa Arab. “Pembekalan ini sangat penting sebagai modal praktik Micro Teaching yang akan dilakukan pada hari Rabu-Kamis, tanggal 10-11 Februari 2021. Fa 4 materi yang akan disampaikan oleh pemateri yang saya undang langsung dari Malang, Bapak Ahmad Makki Hasan, M.Pd., Ketua MGMP Bahasa Arab se-Indonesia. Agapun materi yang akan disampaikan pada hari ini adalah Metodologi Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran. Sedangkan untuk besok fokus pada materi Media dan Tekhnologi Pembelajaran, serta Evaluasi Pembelajaran”, terangnya.

Sebagai pembukaan, Pak Makki meminta beberapa peserta untuk berkenalan dengan menggunkan bahasa Arab. Kemudian menyampaikan bahwa keterampilan berbahasa Arab harus dikuasai terlebih dahulu sebelum menentukan metodologi dan strategi pembelajaran. “Saya salut ternyata mahasiswa PBA IAIDA Blokagung sudah sangat bagus dan fasih berbahasa Arab”, ungkapnya disambut tepuk tangan peserta.

Pak Makki yang sangat fasih berbahasa Atab itu menyampaikan dengan baik kepada peserta terkait metode-metode yang tepat dan strategi yang baik pada pembelajaran bahasa Arab dari Tingkat SD, SMP sampai SMA. Pak Makki juga melatih peserta untuk terus berbahasa Arab selama pembelakan, sehingga peserta dalam bertanyapun menggunakan Bahasa Arab. Karena menurut Pak Makki keterampilan berbahasa Arab itu harus terus dilatih dan terus diringkatkan. Pembekalan Micro Teaching ini juga mewajibkan peserta, panitia dan pemateri untuk menerapkan Protokol Kesehatan dengan baik, diantaranya yaitu: memakai masker, mencuci tangan dengan Hand Sanitizer dan menghindari kerumunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here