Home Kabar Kampus Dr. KH. Ahmad Munib Syafa’at, M.E.I. Membuka Rapat Review Kurikulum Menuju Kampus...

Dr. KH. Ahmad Munib Syafa’at, M.E.I. Membuka Rapat Review Kurikulum Menuju Kampus Pesantren Go Asia Tenggara

542
0

Foto bersama di depan kampus 2 IAIDA Blokagung

BlokagungSabtu, 31 Juli 2021 Bertempat di Kampus 2 IAIDA Blokagung, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) menyelenggarakan review kurikulum dengan tujuan utama mengakomodir kebutuhan masyarakat milenial di era teknologi digital tentu hal ini juga bagian dari mewujudkan Perguruan Tinggi Pesantren yang unggul dan kompetitif di tingkat Asia Tenggara.

Review kurikulum yang diikuti oleh 41 dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang terdiri dari empat program studi yaitu: Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) dan Tadris Bahasa Inggris (TBIG). Rektor IAIDA Blokagung, Dr. KH. Ahmad Munib Syafa’at, M.E.I. saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya memahami kebutuhan dan keinginan masyarakat saat ini, karena tujuan perkuliahan selain membekali ilmu pengetahuan sesuai kompetensi juga mengantarkan alumni IAIDA Blokagung diterima di masyarakat era global saat ini, sesuai bursa kerja di pemerintah maupun swasta, dunia usaha dan dunia industri.

Dr. KH. Ahmad Munib Syafa’at, M.E.I saat membuka acara.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, karena penting mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakat milenial saat ini, jangan-jangan kita memberikan perkuliahan yang tidak sesuai harapan dan kebutuhan masyarakat saat ini, tidak peka zaman, maka secara berkala kurikulum harus direview”. jelas doktor ekonomi pesantren ini.

Lebih lanjut, alumni universitas al-Ahghaf Yaman ini mengharapkan review kurikulum ini hasilnya bisa berbentuk dokumen dan menjadi acuan perkuliahan, selain juga ke depan menghadirkan pakar kurikulum nasional, pengguna jasa dan lulusan.

“Saya berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik, saya doakan semuanya sehat, bisa mengikuti sampai akhir, jangan lupa tetap pakai masker, terapkan prokes dengan baik, besok saya minta dokumen kurikulum sudah jadi dan siap direview dengan mengundang pakar nasional, pengguna lulusan, mahasiswa dan alumni”, terang pengasuh Pesantren Darussalam Timur berharap.

Review kurikulum yang diagendakan berlangsung dua hari mulai Sabtu-Minggu, 31 Juli-01 Agustus 2021 ini adalah agenda empat tahun sekali untuk menyiapkan kurikulum dalam satu angkatan mahasiswa tahun akademik 2021/2022, sekaligus mereview kurikulum sebelumnya. Selain review kurikulum, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyusunan mata kuliah sekaligus penyusunan rencana Pembelajaran Semester (RPS). Kegiatan ini dikemas dalam bentuk rapat komisi di tingkat program studi kemudian hasilnya diplenokan di tingkat fakultas.

Wakil Rektor 1 saat memberikan arahan.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Penelitian dan Pengembangan Lembaga, Drs. Eko Budiywono, MH. memberikan pesan saat memberikan sambutan di awal acara bahwa perlu untuk merumuskan review kurikulum yang berdasar pedoman dari Dikti.

“Kurikulum memang perlu direview tapi jangan terlalu cepat, idealnya ya satu kali lulusan, empat tahun, upayakan sesuai pedoman dari Dikti, karena kurikulum kita ini sering banyak titipan, dari kopertais dari asosiasi program studi dan sebagainya”, ungkap alumni Unesa Surabaya ini mantap.

“Saya juga perlu menyampaikan bahwa dari yayasan ada tiga mata kuliah yang harus diakomodir yaitu: akhlak tasawuf, aswaja an-nahdliyah dan kepesantrenan, karena kita kampus berbasis pesantren, perlu juga menyusun mata kuliah sesuai MKSK (Mata Kuliah Standar Kompetensi)  yang ditetapkan kopertais, kesepakatan asosiasi prodi dan tentu yang ditentukan Dikti”, urainya. Kesan sejuk, teduh, asri dan megah Kampus 2 IAIDA Blokagung yang berada di dusun Sumberkembang barat, desa Karangmulyo kecamatan Tegalsari menambah motivasi seluruh dosen dalam mengikuti kegiatan ini yang langsung minta foto bersama Rektor di akhir pembukaan kegiatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here