Home Prodi Perbankan Syariah ( PSY )

Prodi Perbankan Syariah ( PSY )

Profil Prodi

Perbankan Syariah

A. Visi :

“Terwujudnya Program Studi Perbankan Syariah yang unggul, mandiri, dan berakhlakul karimah di bidang bisnis Islam serta mampu menerapkan teknologi Perbankan pada Tahun 2030”.

  1. Unggul, berarti Program Studi Perbankan syariah secara terencana melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan Sumber Daya Insani yang memiliki daya saing di bidang perbankan, di tingkat regional,
    dan nasional. Dengan keunggulan ini, Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam diarahkan menjadi lembaga pendidikan Strata-1 terdepan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
    2. Mandiri, berarti semua sumber daya insani yang dihasilkan memiliki kepribadian yang tangguh, percaya diri, dan berdaya saing tinggi sehingga mampu mengembangkan diri secara mandiri. Untuk itu, Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi sebagai lembaga pendidikan Strata-1 memiliki otonomi dalam berbagai aspek, terutama dalam mengembangkan ilmu perbankan.
  2. Berakhlakul Karimah, berarti sumber daya insani yang dihasilkan memiliki akhlak mulia/terpuji sesuai ajaran agama Islam.

B. Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas sesuai dengan pengembangan kurikulum perbankan syariah untuk mencetak lulusan yang profesional sebagai konsultan, praktisi, dan analis dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah.
  2. Melaksanakan penelitian dengan berbagai pendekaan untuk menambah kemajuan dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menunjang peningkatan kemampuan sumber daya insani dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk penerapan dan pengembangan dalam bidang lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah.

Tujuan Prodi Perbankan Syariah :

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Perbankan Syariah yang bermutu tinggi, berdaya saing global, kompeten, dan berakhlakul karimah.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan di lembaga keuangan Bank dan Non Bank Syariah yang berkualitas.
  3. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat melalui kerja sama kemitraan dengan dunia usaha, pemerintah, dan masyarakat.