Home Kabar Kampus Menyambut Wisuda BEM FTK Sukses Gelar BCSC III

Menyambut Wisuda BEM FTK Sukses Gelar BCSC III

234
0
Suasana pelaksanaan lomba debat BCSC III

Blokagung РKamis, 21/11/2019, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F) Tarbiyah dan Keguruan dalam rangka menyambut wisuda Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi yang ke-15 sukses menggelar lomba yang bertajuk Banyuwangi Creativity Students Competition yang kemudian disingkat BCSC.

Acara lomba yang digelar tahunan oleh BEM-F Tarbiyah dan Keguruan tersebut telah berlangsung mulai tahun 2017, tahun ini adalah pelaksanaan BCSC yang ketiga. Seperti penuturan ketua BEM-F Tatbiyah dan keguruan, M. Hasinurrohman, berikut ini: “Alhamdulillah, ini BCSC ke-3, BCSC pertama digelar pada tahun 2017, dilaksanakan kembali pada tahun 2018, dan sekarang ini tahun 2019. Hal ini karena respon yang sangat baik dari lembaga, para pendukung acara, khususnya sponsor, dan tentu saja peserta lomba baik sekolah negeri maupun swasta yang sangat antusias senantiasa menanyakan kapan BCSC selanjutnya akan digelar?”, terangnya.

Hasin, panggilan akrab mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab itu juga menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan BCSC adalah mengenalkan IAIDA sebagai kampus berbasis pesantren, khususnya pada peserta lomba tingkat SLTA se-kabupaten Banyuwangi.

“Jadi tujuan BCSC ini adalah sosialisasi IAIDA sebagai kampus pesantren di kabupaten Banyuwangi, makanya lombanya digelar disini, agar seluruh peserta lomba yang merupakan siswa-siswi SLTA negeri dan swasta se-kabupaten Banyuwangi tersebut lebih mengenal IAIDA dengan langsung datang ke lokasinya dan tahu keberadaan IAIDA sebagai kampus berbasis pesantren yang menjadi nilai plus mahasiswa, selain kegiatan yang bersifat akademis mahasiswa IAIDA juga didik dengan sikap Agamis, sehingga harapannya mereka tertarik untuk bergabung menjadi keluarga besar IAIDA ke depannya, karena saat ini kemampuan akademis harus diimbangi dengan sikap agamis agar bisa hidup bersama masyarakat secara dinamis dan harmonis”, jelasnya.

Lomba debat BCSC III

BCSC ketiga di tahun 2019 ini diikuti oleh 75 peserta dengan 5 cabang lomba yaitu Esai Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Menyanyi dan Debat Bahasa Indonesia. Sebagaimana keterangan Handoko Kesumo, ketua panitia BCSC 2019,¬† berikut: “Alhamdulillah peserta tahun ini lumayan banyak 75 peserta, paling jauh dari SMAN 1 Giri. Cabang Lombanya ada 5, yaitu: Esai, Khithobah, Speech, Debat dan Menyanyi”, tuturnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Desy Education, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bahasa Inggris kabupaten Banyuwangi menjadi sponsor dengan memberikan voucher kursus bahasa Inggris kepada seluruh pemenang lomba, selain itu pemenang lomba juga mendapat uang pembinaan dan tropi serta sertifikat. Hal ini sebagaimana penjelasan Hans, panggilan akrab Handoko Kesumo, ketua panitia BCSC 2019, berikut ini: “Jadi pemenang lomba, semuanya, mulai juara satu sampai juara empat dari seluruh cabang yang dilombakan mendapat voucher kursus bahasa Inggris di Desy Education Banyuwangi, selain itu pemenang lomba juga mendapat uang pembinaan dan tropi serta sertifikat dari lembaga (IAIDA), pendukung acara dan panitia lomba”, pungkasnya.

Penyerahan uang pembinaan dan tropi kepada para pemenang BCSC III

Di bawah ini adalah daftar pemenang lomba BCSC III, tahun 2019, sebagai berikut:

  • Lomba Pidato Bahasa Indonesia

Juara 1: Yahya Azizul F., MA al-Amiriyyah Blokagung

Juara 2: Farisca Ainun, MAN 1 Banyuwangi

Juara 3: Ulfa Naila Azizah, SMA Darussalam Blokagung

Juara 4: Khoirini Siva’a, SMA Darussalam Blokagung

  • Lomba Pidato Bahasa Inggris

Juara 1: Zahra Aulya Rachmadani, SMAN 1 Giri

Juara 2: M. Iqwan, MA aL-Amiriyyah Blokagung

Juara 3: Shofie Latifah Rahmah, MAN 1 Banyuwangi

Juara 4: Riska Anni Syafira, SMAN 1 Giri

  • Lomba Esai

Juara 1: Nora Jasmine, SMAN 1 Giri

Juara 2: Angelina Shane K., SMAN 1 Giri

Juara 3: Putri Intan Rahmadani, SMA Darussalam Blokagung

Juara 4: Syifa Mawaddati, MAN 1 Banyuwangi

  • Lomba Debat Ilmiah

Juara 1: SMAN 1 Rogojampi

Juara 2: SMAN 1 Rogojampi

Juara 3: SMA Darussalam Blokagung

Juara 4: MAN 1 Banyuwangi

  • Lomba Menyanyi

Juara 1: Amelda Pradita P., SMAN 1 Giri

Juara 2: Nadia Rizki, MAN 1 Banyuwangi

Juara 3: MAN 1 Banyuwangi

Juara 4: Lintang Kurnia, SMAN 1 Giri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here