11 Mahasiswa KPI Blokagung Praktek Lapangan

116
0

BANYUWANGI– Sebanyak 11 mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Institut Agama Islam (IAI) Darussalam, Blokagung, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, mengikuti program Praktek Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan yang akan dilaksanakan hingga 21 Januari 2021 itu, dibuka oleh Dekan Fakultas Dakwah, Agus Baihaqi, S.Ag., M.I.Kom, Minggu (7/2).

Para mahasiswa yang mengikuti PKL ini, telah menempuh semua mata kuliah dan dinyatakan lulus. Mereka itu, juga telah mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN). “PKL ini kegiatan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat selama mengikuti kuliah,” cetus Dekan Fakultas Dakwah IAI Darussalam Blokagung, Agus Baihaqi saat membuka PKL itu, Minggu (7/2).

Menurut Agus, PKL ini salah satu program yang wajib diikuti oleh para mahasiswa Prodi KPI sebelum menyelesaikan pendidikannya di IAI Darussalam Blokagung. Dan ini, selalu dilakukan setiap tahun. “Tahun ini agak beda, ini karena sedang masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Biasanya setiap PKL, jelas dia, para mahasiswa diminta magang di sejumlah media cetak seperti Jawa Pos Radar Banyuwangi, Banyuwangi TV, Radio Bintang Tenggara FM, dan sejumlah media lainnya. Tapi untuk tahun ini, semua kegiatan di pusatkan di Multimedia Fakultas Dakwah IAI Darussalam Blokagung. “PKL ini kerja praktek, mahasiswa praktek dari mata kuliahnya,” cetusnya.

Kepala Prodi KPI Masykur, S.Sos., MH, mengatakan dalam PKL kali ini para mahasiswa dibagi dua. Mereka akan magang di beberapa bidang yang ada di Multimedia Dakwah. “Di Multimedia Dakwah ini ada media online, fotografi, radio, televisi, dan youtube,” terangnya.

Semua bidang yang ada di bidang itu, jelas dia, telah dilengkapi sejumlah peralatan yang modern. Para mahasiswa, diberi kesempatan untuk menggunakan fasilitas itu untuk mempraktekkan ilmu yang didapat. “Untuk video telah disediakan beberapa kamera yang terbaru,” jelasnya.

Dengan mengikuti PKL ini, jelas dia, para mahasiswa tidak hanya menguasi teori. Tapi, mereka juga bisa mempraktekkan dan memproduksi video sendiri. Selain itu, juga bisa menulis di media dan melakukan siaran di radio. “Ini untuk bekal setelah lulus,” ungkapnya.(agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here