Home Agenda IAIDA bersama Desa Tamansuruh Siap Mewujudkan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) Melalui...

IAIDA bersama Desa Tamansuruh Siap Mewujudkan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) Melalui Monstera (Mondoluko Smart, Terampil dan Ramah

192
0

Tamansuruh, Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Darussalam Blokagung menghadiri acara Pelatihan Teknis Petugas Pendataan Pilot Project Kampung Statistik ” Monstera (Mondoluko Smart Terampil dan Ramah)” menuju desa cantik (Desa Cinta Statistik) di Wisata Sumber Waras Dusun Gadog Desa Tamansuruh Banyuwangi, Rabu, 24 Maret 2021.

Acara ini dihadiri oleh beberapa elemen yaitu Kepala BPS Kab Banyuwangi, Camat Glagah, LPPM IAIDA, Ketua BPD Tamansuruh, Babinsa, Babinkamtibnas, Koordinator PLKB Kec Glagah, Ketua Askab Banyuwangi.

Dalam pembukaannya, Kepala Desa Tamansuruh, Teguh Eko Rahadi, SAB mengutarakan bahwa program desa cantik ini merupakan salah satu program Pemerintah Pusat dimana hanya ada 100 desa se Indonesia dan Jawa Timur hanya 6 Desa, salah satunya adalah Desa Tamansuruh Banyuwangi

Menurut beliau dalam membangun desa harus menggunakan data. Memang benar data bukanlah segalanya, namun dalam membangun desa tanpa data akan menjadi sia-sia.

Bapak teguh juga mengutarakan harapannya dalam kegiatan ini dengan mengundang IAIDA khususnya LPPM IAIDA terkait follow up dari kegiatan MOU IAIDA dengan ASKAB Banyuwangi pada hari Kamis, 18 Maret 2021 di Singojuruh Banyuwangi.

Beliau berharap LPPM IAIDA Blokagung bersama Desa Tamansuruh dapat membantu mengidentifikasi masalah dan memetakan potensi yang ada di desa tersebut, melakukan diskusi dalam pengambilan kebijakan sekaligus mengimplementasikannya dan menmbangkan inovasi dan potensi yang dimiliki oleh desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Salah satu kegiatan yang menjadi sasaran Di Desa Tamansuruh yaitu membangun desa dengan data menuju Desa Cantik. Salah satu program yang diagendakan adalah Monstera (Mondoluko Smart, Terampil dan Ramah) yang menjadi salah satu pilot project desa cantik.

Ketua LPPM IAIDA Blokagung, H. M. Alaika Nasrulloh., M.Th.I mnyatakan terima kasih atas kerjasama yg dibangun, dan juga mengapresiasi harapan dari Kepala Desa Tamansuruh beserta Ketua Askab Banyuwangi. LPPM IAIDA siap untuk bekerjasama dengan Pemdes Setempat dalam merealisasikan program Monstera. Selain bidang statistik, program program lain siap untuk bekerjasama yaitu diantaranya bidang seni budaya, spiritual, KB dan Kesehatan, Bunga dan Kehutanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here