Home Kabar Kampus Bakti Sosial Di Dusun Baung Barurejo

Bakti Sosial Di Dusun Baung Barurejo

153
0

Aksi bakti sosial MAUNG BAUNG 2 yang diadakan oleh Dema IAIDA yang berkolaborasi dengan PK PMII IAIDA, MRI Banyuwangi, NU Backpacker, Qodasa, dan Ikatan Warga Kecil Pecinta Lingkungan yang diadakan di dusun Mbaung desa Barurejo, Kesilir pada tanggal 6-8 April.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran adik-adik di dusun Mbaung tentang pentingnya pendidikan dan pengabdian masyarakat berupa pengajian keagamaan serta bakti sosial berupa santunan anak yatim dan kaum duafa di dusun Mbaung.

Dusun Mbaung terletak di kaki gunung Mbaung yang berjarak ± 8 kilo meter dari pos keamanan milik perhutani yang berada di ujung dusun Sumber Urip, dusun terakhir sebelum melewati hutan jati menuju dusun Mbaung.

Akses menuju kesana masih terbilang sulit, karena kondisi jalan yang rusak parah dan terputusnya jembatan penghubung ketika melewati sungai untuk menuju dusun Mbaung.

Dusun Mbaung yang dihuni kurang lebih 46 kepala keluarga hanya memiliki 1 lembaga pendidikan formal yang aktif, yaitu SDN 8 Barurejo. Tidak ada taman kanak-kanak maupun SMP & SMA disana.

Untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP dan SMA para siswa yang berasal dari dusun Mbaung harus turun ke desa Sumberurip atau Blokagung yang berjarak kurang lebih 9 kilo meter dari rumahnya.

Penghasilan masyarakat dusun Mbaung mereka dapatkan dari menyadap getah pohon pinus dan mengelola lahan perkebunan yang mereka tanami pisang, padi, jagung dan jenis umbi-umbian yang lain

Kegiatan MAUNG BAUNG yang ke dua ini di prakarsai oleh 6 organisasi dan disukseskan oleh para donatur yang telah membangun Masjid Al Ikhlas Mbaung, salah satu diantaranya adalah Demy Hardy, seniman Osing yang terkenal dengan singel Kanggo Riko yang booming pada kisaran lima tahun terakhir.

“Sasaran kegiatan kita ada 4 macam, yang pertama pendidikan, lingkungan, keagamaan & kemasyarakatan.” Ujar Hasyim, salah satu panitia dalam kegiatan itu.

Kegiatan ini dimulai dengan hataman Al-Qur’an pada Selasa, 6 April dan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan pendidikan di Sekolah Dasar dusun Mbaung.

Kegiatan pendidikan yang dilakukan di SD berupa pembelajaran ABC song dan greetings yang dilakukan oleh HMPS TBIG dan DEMA IAIDA kemudian dilanjutkan dengan game ular tangga bahasa Inggris.

Selain itu ada juga pemberian donasi kepada adik-adik dusun Mbaung berupa alat penunjang pembelajaran dan buku bacaan anak-anak yang telah digalangkan oleh PK PMII IAIDA dan organisasi yang lain.

Ada berbagai macam perlombaan yang diadakan untuk memeriahkan acara tersebut, diantaranya lomba hafalan surat-surat pendek, lomba hafalan do’a keseharian, lomba adzan, lomba balap karung, lomba estafet air, dan lain-lain.

Puncak kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 April dengan acara live music penampilan 4 artis Banyuwangi dan dilanjutkan dengan pengajian akbar yang di isi oleh RKH. Aly Asyqin. “Orkesnya kami adakan setelah duhur untuk menarik pengunjung dan setelahnya dilanjutkan dengan pengajian oleh RKH. Aly Asyqin.” Ujar Hasyim saat dimintai keterangan.

“Untuk kegiatan semeriah itu, kami berkolaborasi dengan seniman Banyuwangi dan para donatur yang telah mensukseskan acara tersebut.” Ujar Handika, ketua Presiden Mahasiswa IAI Darussalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here