Home Agenda HMPS TBIG GELAR PESANTREN RAMADHAN DI MUNCAR

HMPS TBIG GELAR PESANTREN RAMADHAN DI MUNCAR

97
0

(HMPS TBIG) mengadakan Safari Ramadhan dan English Camp.

Dalam kegiatan ini HMPS TBIG berkolaborasi dengan beberapa lembaga internal maupun eksternal kampus diantaranya, Unit Pelaksana Teknis Bahasa IAIDA, Unit Pelaksana Teknis Bina Qur’ani, PAC IPNU IPPNU Muncar, dan PAC Pagar Nusa Muncar.

Kegiatan ini merupakan bentuk PKM (pengabdian kepada masyarakat) yang bertujuan untuk syiar IAIDA, serta memberikan wadah untuk kegiatan yang bernuansakan kebahasa Inggrisan dan keislaman bagi dosen, mahasiswa, dan pelajar tingkat SLTA.

Dalam kegiatan ini mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan HMPS juga ikut mensyiarkan IAIDA dan prodi Tadris Bahasa Inggris kepada masyarakat Muncar.

Disamping itu, mahasiswa yang notabenenya juga merupakan seorang santri, bisa mengamalkan keilmuan yang mereka dapatkan dari pesantren dan kampus kepada masyarakat.

Safari Ramadhan dan English Camp ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 4-5 Mei 2021 di kantor MWC NU Muncar.

Pada hari pertama dilaksanakan khataman Al-Qur’an yang dibagi menjadi 5 halaqoh dan 5 khataman, yang bertempat di mushola dan Masjid sekitar kantor MWC NU Muncar.

Kegiatan khataman Al-Qur’an diawali dengan pembukaan dan pembacaan arwah oleh ketua UPT Bina Qur’ani, Bapak Moh. Mahmud, M.Pd. yang berfokus di halaqoh 1 di masjid Baiturrahman.

Dalam setiap halaqoh terdapat 5-6 qori’ dari IAIDA, IPNU IPPNU, dan Pagar Nusa Muncar dan secara serentak dari ke-lima halaqoh dibacakan do’a khotmil Qur’an pada pukul 14.00.

Pada sore harinya mulai pukul 16.00 sampai menjelang maghrib, dilanjutkan dengan shodaqoh bagi-bagi takjil, yang berkolaborasi dengan IPNU IPPNU dan Pagar Nusa Muncar dan ditutup dengan buka bersama di aula kantor MWC NU Muncar.

Di hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan seminar yang dimulai pukul 07.00 WIB yang dibuka oleh perwakilan dari MWC NU Muncar.

Ada tiga materi yang disampaikan dalam seminar tersebut, materi pertama Speech, materi kedua Kesehatan Sistem Reproduksi, dan materi yang ketiga Creative Writing.

Seminar tersebut diikuti oleh 25 peserta baik putra maupun putri tingkat SLTA yang tergabung dalam IPNU IPPNU dan Pagar Nusa PAC Muncar.

Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris, Dr. Zulfi Zumala Dwi Adriani, MA juga berkesempatan mengisi materi Kesehatan Sistem Reproduksi dalam seminar tersebut.

Materi Speech, disampaikan oleh ketua Unit Pelaksana Teknis Bahasa, Dewi Khawa, M.Pd. dan materi Creative Writing disampaikan oleh St. Shofia Munawaroh, S.Pd. yang merupakan alumni IAIDA prodi TBIG yang sekarang bekerja sebagai jurnalis di Ringtimes Banyuwangi.com.

Serangkaian acara Safari Ramadhan dan English Camp yang diadakan HMPS TBIG, ditutup dengan buka bersama yang diikuti oleh seluruh peserta seminar, pemateri, seluruh panitia dan seluruh lembaga dibawah naungan MWC NU Muncar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here