UKM PERS IAI DARUSSALAM ADAKAN PABLIK (PENERIMAAN ANGGOTA BARU LITERASI DAN KEPENULISAN) DAN SEMINAR KEPENULISAN MEDIA DIGITAL

52
0

Blokagung | Selasa, 7 September 2021

Unit Kegiatan Mahasiswa Pers IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi atau yang biasa dikenal dengan UKM Pers IAIDA merupakan organisasi yang menjadi wadah aspirasi bagi mahasiswa. Oleh karenanya sangat perlu adanya pengadaan kegiatan PABLIK (Penerimaan Anggota Baru Literasi Dan Kepenulisan). Dalam rangka proses menjadi anggota baru UKM Pers IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi dan dalam rangka ikut serta membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa IAIDA dalam bidang kepenulisan. Karena ini salah satu bagian terpenting dalam sebuah organisasi, yakni kaderisasi. Yang mana kaderisasi adalah sebuah upaya melestarikan nilai-nilai kehidupan yang di ajarkan dalam sebuah organisasi.

Ketua Pers IAIDA dalam sambutan pembukaan seminar

Ahmad Said Naja (Ketua Pers IAIDA) menerangkan, “Acara PABLIK (Penerimaan Anggota Baru Literasi Dan Kepenulisan) merupakan acara rekrutmen anggota baru sekaligus kaderisasi yang diagendakan rutin tahunan oleh UKM Pers. Karena kaderisasi didalam sebuah organisasi itu penting, terutama untuk melestarikan sebuah organisasi. Maka, PABLIK sebagai pijakan awal anggota sebelum UKM Pers bergerak dan berkarya, mereka harus ikut PABLIK terlebih dahulu, sehingga kegiatan yang sudah terprogram bisa dilaksanakan. Tujuan kita menumbuhkan embrio-embrio baru dan melahirkan penulis-penulis baru (7/9/2021).”

Naja menambahkan, “Nantinya Anggota anggota yang ikut dari awal sampai akhir akan dibaiat sekaligus pelantikan Pengurus Pers Mahasiswa IAI Darussalam. Tujuannya agar anggota Pers yang baru kenal dengan pengurusnya. Sebagai pijakan awal dalam melahirkan anggota baru yang turun dibidang kepenuliusan dan dunia Pendidikan yang tidak pernah lepas kepenulisan, akan diwarnai oleh adanya Anggota Baru UKM Pers Mahasiswa tersebut.”

Kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk para calon anggota pers, karena ini merupakan bagian tahap awal pengenalan tentang organisasi UKM Pers itu sendiri, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari. Dan mengangkat tema: “Memecah Problematika Dengan Literasi, Cinta, Dan Sastra.”

Hari pertama untuk acara ini yakni peserta umum meliputi siswa sekolah, yang hanya dibatasi 5 orang siswa-siswi per unit sekolah. Hari kedua sampai ketiga untuk peserta khusus Mahasiswa-Mahasiswi IAI Darussalam. Target kami, jumlah peserta 150 orang, dan Alhamdulillah sudah tercapai, bahkan lebih dari yang ditargetkan (7/9/2021).” Ujar Rois Muzakky, Ketua Panitia.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAI DARUSSALAM Blokagung

Acara yang akan berlangsung selama 3 hari tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III Institut Agama Islam Darussalam, Bapak Abdi Fauji Hadiono, M.H., M.Sos. dan beliau berpesan, “Sebelum UKM Pers didirikan dulu Kami sempat membuat Buletin pertama yang bernama IFADA dan yang memberi nama Bu Nyai Mahmudah Ahmad, setelah berpetualang ke UNUJA paiton dan UNIB sukorejo, menjadi inspirasi bagi kami untuk melahirkan sebuah karya. Ya, harapannya, UKM Pers semakin Aktif, dan menghasilkan karya yang dapat dipublikasi (7/9/2021).”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here