Home Agenda Tim Media Kreatif FTK-IAIDA Gelar Pelatihan Desain Grafis dan Aplikasi Kekinian

Tim Media Kreatif FTK-IAIDA Gelar Pelatihan Desain Grafis dan Aplikasi Kekinian

88
0
Tim Media Kreatif FTK-IAIDA Gelar Pelatihan Desain Grafis dan Aplikasi Kekinian
Tim Media Kreatif FTK-IAIDA Gelar Pelatihan Desain Grafis dan Aplikasi Kekinian

Blokagung, (16/09/2021) – Tim Media Kreatif Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Darussalam (FTK-IAIDA) Blokagung bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) dan Tadris Bahasa Inggris (TBIG) serta peserta KKN ABCD kelompok 12 menggelar pelatihan desain grafis dan aplikasi media kekinian di ruang F5 Kampus 1 pada hari Rabu-Kamis, 15-16 September 2021.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi inspirasi dan motivasi kepada tim media kreatif dan HMPS untuk membuat dan mengembangkan aplikasi media sosial, baik youtube, facebook, instagram maupun tiktok yang lagi tren sebagai media promosi kegiatan fakultas maupun program studi serta informasi kepada masyarakat tentang prestasi dosen dan mahasiswa.

Mengelola media sosial yang edukatif memerlukan tampilan dan desain menarik selain subtansi tulisan, baik berupa narasi maupun share foto dan video. Oleh karena itulah tm media kreatif merasa perlu belajar desain yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola media sosial yang saat ini sudah mulai digalakkan di tingkat fakultas dan prodi.

Ahmad Hasinurrohman, S.Pd. yang menjadi pemateri desain grafis merupakan alumni program studi PBA IAIDA yang sekarang menjadi sekretaris Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi pada hari pertama (Rabu, 15/09/2021) memberikan contoh program di komputer dan laptop yang sudah diinstal coreldraw maupun photoshop dan sejenisnya untuk bisa digunakan dalam membuat flyer maupun banner.

Ahmad Hasinurrohman, S.Pd. yang menjadi pemateri desain grafis
Ahmad Hasinurrohman, S.Pd. yang menjadi pemateri desain grafis

Menurut santri yang pernah menjadi kontributor desain Unit Pelayanan Teknis (UPT) Bahasa IAIDA Blokagung tersebut mendesain itu membutuhkan konsentrasi dan ide, maka jika ingin bisa mendesain dengan baik, maka kita harus banyak belajar pada orang-orang yang sudah mahir mendesain serta kita juga harus banyak mencari tahu contoh-contoh desain kekinian selain juga penting untuk akrab dengan program-program update yang mendukungnya.

Hari kedua (Sabtu, 16/09/2021) peserta pelatihan yang merupakan tim media kreatif dan HMPS tersebut mendapatkan materi pembuatan dan pengelolaan aplikasi media sosial kekinian dari Ilham Nur Kholiq, M.Pd. Tentu pada kegiatan tersebut peserta juga diberi contoh beberapa aplikasi media sosial kekinian yang sudah dikelola Pak Ilham (sapaan dosen IAIDA asal Tegaldlimo).

Pak Ilham meminta peserta untuk siap mengadapi era digital dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, namun alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini berpesan agar mahasiswa IAIDA Blokagung noatbene kampus berbasis pesantren, sebelum mengelola media sosial baik sebagai tim kreatif Fakultas maupun Prodi harus sudah mendapat izin dari pengasuh pesantren, karena hal tersebut bagian dari etika santri.

Seluruh peserta juga membawa laptop dan menginstal program desain grafis maupun aplikasi media sosial yang dipandu oleh pemateri, sehingga peserta lebih mudah dalam mengaplikasikan pemahaman yang diterima saat pemateri menyampaikan materinya menggunakan TV Monitor didukung dengan jaringan internet stabil, ketika menunjukkan contoh-contoh program yang langsung diinstalkan untuk membuat desain dan mengunduh beberapa aplikasi kekinian sebagai bahan membuat media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here