Home Kabar Kampus HADIRKAN DOSEN UIN JOGJA DAN PRAKTISI FTK-IAIDA BLOKAGUNG GELAR PEMBEKALAN PRAKTIKUM

HADIRKAN DOSEN UIN JOGJA DAN PRAKTISI FTK-IAIDA BLOKAGUNG GELAR PEMBEKALAN PRAKTIKUM

102
0

Pembekalan Secara Daring

Blokagung, (03/10/2021) – Memasuki semester gasal tahun akademik 2021/2022 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Darussalam (FTK-IAIDA) Blokagung Banyuwangi menggelar pembekalan praktikum yang terdiri dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) yang digelar secara serentak di kampus 1 dengan sistem luring dan daring via zoom meeting. Acara ini berlangsung selama 3 hari, Minggu-Selasa, 03-05 Oktober 2021, mulai pukul 08.00-12.30 WIB.

Praktikum yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester tujuh pasca menempuh Kulih Kerja Nyata (KKN) yang berakhir dua minggu kemarin (23/09/2021) dengan metode Merdeka Berbasis Pesantren (MBP) bagi mahasiswa yang mukim di pesantren dan Merdeka Reguler (MR) untuk mahasiswa dari desa. PPL,PKL dan PLP yang diagendakan berlangsung satu bulan pada hari Rabu-Jum’at, 06 Oktober sampai dengan 05 November 2021 ini adalah kegiatan yang substansinya mendukung pada pencapaian kompetensi utama program studi.

Pembekalan Secara Luring

Sebagaimana yang tercantum pada Kurikulum KKNI FTK-IAIDA Blokagung, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) kompetensi utamanya adalah sebagai leader dan manajer lembaga pendidikan Islam, sedangkan kompetensi pilihannya menjadi pengelola pesantren dan edupreneurship. Pendidikan Bahasa Arab (PBA) kompetensi utamanya adalah sebagai guru bahasa Arab, sedangkan kompetensi pilihanya adalah penerjemah dan pembimbing ibadah haji/umroh. Tadris Bahasa Inggris (TBIG) kompetensi utamanya sebagai guru bahasa Inggris, sedangkan kompetensi pilihannya menjadi pemandu wisata dan manajer perhotelan. Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) kompetensi utamanya sebagai guru bahasa Indonesia, sedangkan kompetensi pilihannya menjadi jurnalis dan guru Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA).

Dr. Zainal Arifin, M.Si., Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (Prodi-MPI) UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta dan Ismatul Izzah, M.Pd.I., Ketua Prodi MPI Universitas Zainul Hasan (Unzah) Genggong Probolinggo mengisi materi PLP pada Prodi MPI. Pemateri PPL & PKL Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)  yaitu Ahmad Makki Hasan, SS., M.Pd., Ketua MGMP Bahasa Arab se-Indonesia dan Nur Hapipi, S.Ag., M.Pd.I., Wakil Kepala MAN 1 Banyuwangi. Pemateri PPL & PKL Tadris Bahasa Inggris (TBIG) Heri Nur Cahyo, M.Pd., Kepala SMAN 1 Glenmore dan Mariyanto, SE., Pemilik dan pengelola Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) English One Banyuwangi. Pemateri PPL & PKL Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) yakni Mashudi, S.Pd., Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Banyuwangi dan Ahmad Nur Hudah, M.Pd., Tim MGMP Bahasa Indonesia kabupaten Banyuwangi.

PPL yang merupakan praktikum mengajar ini diproyeksikan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) dan Tadris Bahasa Inggris (TBIG) karena kompetensi utamanya adalah menjadi guru. Sedangkan PLP dikhususkan bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang kompetensi utamanya adalah menjadi leader dan manajer lembaga pendidikan Islam. Sementara itu PKL adalah praktikum untuk mendukung kompetensi pilihan masing-masing prodi sesuai kurikulum KKNI yang ditetapkan, hal ini juga berlaku bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) MPI yang menyebutnya dengan istilah PLP 2. Praktikum yang diikuti oleh 200 mahasiswa terdiri dari Prodi mpi 80 mahasiswa, PBA 30 mahasiswa, TBIN 44 mahasiswa dan TBIG 46 mahasiswa ini, seperti halnya pelaksnaan KKN di era pandemi Covid19 yang belum berakhir dilaksanan di unti pendidikan yang dikelola oleh yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Yayasan Pondok Pesantren Mukhtar Syafaat Blokagung dan 6 Lembaga Pengembangan Bahasa Asing yang dikelola oleh Pondok Pesantren Darussalam Blokagung dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa IAIDA Blokagung bagi mahasiswa santri. Sedangkan mahasiswa dari desa menempat di lembaga pendiidikan di luar Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, diantaranya yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyuwangi, SMKN Darul Ulum Muncar dan SMK 17 Muncar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here