Home Prodi Ekonomi Syariah ( ESY )

Prodi Ekonomi Syariah ( ESY )

Profil Prodi

Ekonomi Syari’ah

A. Misi :

“Menjadi Program Studi yang Handal dan Teruji dalam bidang ekonomi dan keuangan yang berbasis Islami serta Bermartabat Pada tahun 2030.”

B. Misi :

  1. Mendidik mahasiswa mampu dan terampil mengaplikasikan nilai-nilai ekonomi dan keuangan yang berbasis Islam dalam masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian di bidang ekonomi dan keuangan Islam yang terus berkembang di tengah masyarakat.
  3. Bekerja sama dengan instansi terkait dalam menyelenggarakan pelatihan dan praktikum.
  4. Menumbuhkan jiwa kewirausahawan (enterpreunership) dalam jiwa mahasiswa agar mampu eksis dalam persaingan bisnis.

Tujuan program studi Ekonomi Syariah adalah :

  1. Menghasilkan sarjana Ekonomi Syariah yang berakhlak mulia, handal dan teruji serta mampu mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ekonomi dan keuangan yang berbasis Islam dalam masyarakat.
    2. Melakukan penelitian dan pengabdian dalam usaha penyempurnaan serta peningkatan mutu ilmu pengetahuan bidang ekonomi dan keuangan Islam yang terus berkembang di tengah masyarakat.
    3. Menjalin kerja sama dengan instansi terkait dalam menyelenggarakan sarana dan prasarana pembelajaran, pelatihan dan praktikum untuk meningkatkan Sumber Daya Dosen dan Mahasiswa.
    4. Mempunyai jiwa kewirausahawan (enterpreunership) dalam jiwa mahasiswa agar mampu eksis dalam persaingan bisnis.

Profil Ekonomi Syariah :

          Program Studi Ekonomi syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam darussalam berdiri pada tahun 2011 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/54/2011. Pada tahun 2013 Program Studi mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan hasilnya Program Studi Ekonomi Syariah mendapatkan nilai akreditasi C. Dengan konsistensi untuk meningkatkan mutu program studi pada tahun 2015 terjadi peralihan status dri Sekolah Tinggi Agama Islam menjadi Institut Agama Islam Darussalam sehingga menjadikan program studi Ekonomi Syariah dibawah naungan fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada bulan agustus tahun 2018 prodi ekonomi syariah kembali mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan divisitasi pada tanggal 18-20 Februari 2019 sedangkan hasilnya diumumkan berdasarkan SK nomor 372/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2019 dengan memperoleh nilai akreditasi B.

          Keunggulan atau kekuatan utama yang dimiliki program studi ekonomi syariah adalah terletak pada visi program studi yang menanamkan nilai profesionalitas, teruji, handal, bermartabat dan keislaman di bidang ekonomi dan keuangan islam. Visi program studi ini dimaksudkan untuk memiliki ciri khas pada lulusan sehingga mampu bersaing ditengah globalisasi ini. Untuk mencapai visi program studi ekonomi syariah dibutuhkan kerjasama oleh semua pihak baik pimpinan, staff, dosen, mahasiswa, lulusan, dan pengguna lulusan. Selain itu juga dalam pencapaian visi program studi maka dibutuhkan fasilitas penunjang terkait akademik maupun non akademik.
Semakin tingginya permintaan kualifikasi lulusan dari pengguna lulusan maka program studi memberikan upaya peningkatan kualitas lulusan melalui pengadaan soft skill, magang di lembaga keuangan bank dan non bank, seminar, ekstrakurikuler, fasilitas yang memadai dan tenaga pendidik yang mumpuni.

          Selain kewajiban dalam hal pengadaan pendidikan akademik, program studi juga memiliki kewajiban untuk melakukan riset/penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik kalangan dosen maupun mahasiswa. Kegiatan riset/ penelitian dan pengabdian ini dimaksudkan untuk menyelaraskan antara teori yang didapatkan pada masa studi dengan aplikainya di masyarakat luas.