Home Prodi Manajemen Pendidikan Islam ( MPI )

Prodi Manajemen Pendidikan Islam ( MPI )

PROFIL PRODI

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

A. Visi :

“Menjadi prodi yang unggul dan profesional dalam menyiapkan tenaga kependidikan yang berkarakter Islami dalam bidang manajemen  lembaga pendidikan Islam berbasis teknologi informasi”.

B. Misi :

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara profesional dengan memprioritaskan kompetensi manajerial lembaga pendidikan Islam melalui berbagai  pendekatan pendidikan
  • Melaksanakan penelitian untuk pengembangan manajemen kelembagaan pendidikan Islam dengan berbagai pendekatan penelitian
  • Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan berbagai pendekatan untuk memberdayakan masyarakat dalam kemandirian pendidikan dengan memanfaatkan hasil penelitian bidang manajemen pendidikan Islam
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan, pemerintahan,  dunia usaha dan industri secara akuntabel, kredibel dan sustainabel.

C. Profil Utama

  • Pengelola Lembaga Pendidikan

Mampu mengelola lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, memiliki kepribadian yang baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang manajemen pendidikan serta mampu menerapkan teori-teori manajemen pendidikan sesuai dengan etika keIslaman, keilmuan dan keahlian, bercirikan tradisi santri dan berparadigma ahlusunnah wal jama’ah.

  • Tenaga Kependidikan

Menjadi tenaga kependidikan pada lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, memiliki kepribadian yang baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang manajemen pendidikan serta mampu menerapkan teori-teori manajemen pendidikan sesuai dengan etika keIslaman, keilmuan dan keahlian, bercirikan tradisi santri dan berparadigma ahlusunnah wal jama’ah.

  • Peneliti Bidang Manajemen Pendidikan Islam

Menjadi peneliti yang produktif pada bidang manajemen pendidikan Islam,Mengusai metode penelitian dengan baik, dan Mampu mengevalusi pelaksanaan pengelolaan pendidikan Islam baik pada lembaga pendidikan formal maupun non formal sesuai dengan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian, bercirikan tradisi santri dan berparadigma ahlusunnah wal jama’ah.

D. Profil Alternatif / Pilihan

  • Entrepreneur Pendidikan

Menjadi entrepeneur dalam bidang pendidikan yang kreatif, inovatif, dan produktif, serta memiliki jiwa kewirausahaan Edupreneur (Wirausaha Pendidikan) yang tangguh sesuai dengan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian, bercirikan tradisi santri dan berparadigma ahlusunnah wal jama’ah.

  • Pengelola Pesantren

Mampu mengelola Pesantren, memiliki kepribadian yang baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang manajemen Pesantren serta mampu menerapkan teori-teori manajemen pendidikan sesuai dengan etika keIslaman, keilmuan dan keahlian, bercirikan tradisi santri dan berparadigma ahlusunnah wal jama’ah.