Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi  berkolaborasi Internasional di Bidang Pengabdian Masyarakat

Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi berkolaborasi Internasional di Bidang Pengabdian Masyarakat

PASURUAN – Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung Banyuwangi bersama Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan, STAI Salahuddin Pasuruan, Universitas Sunan Ampel Surabaya, Forum Komunikasi Dosen Peneliti Indonesia (FKDP), dan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia, menggelar Internasional Research Collaboration Network and Community Service dengan tema “Transforming Education with Inclusive Technology, Innovation, Collaboration and Social Impact in the Bromo Tengger Community, Indonesia” di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Lely Ana Ferawati Ekaningsih, (jaket biru) bersama peserta Internasional Research Collaboration Network and Community Service

Dalam acara itu diikuti  sebanyak 24 peserta. Para peserta datang dari berbagai negara, diantaranya Indonesia, Pakistan, India, Gambia Afrika, Mesir, dan Rwanda, Malaysia. Dari UIMSYA Blokagung Banyuwangi diwakili oleh   Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Lely Ana Ferawati Ekaningsih, SE., MH., MM. Pelaksanaan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 26-27 Januari 2024.  Kegiatan pengabdian masyarakat, melalui Pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk pendidikan bagi masyarakat Suku Tengger dalam Pengenalan budaya dan pariwisata Bromo Tengger Semeru.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk   meningkatkan kolaborasi internasional di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat dengan memperkuat jaringan peneliti antar negara.

 

Sebagai Narasumber Associate Prof. Dr. Nor Balkish Zakaria Lector UiTM Malaysia. Dalam Sambutannya Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan, Rektor UNU Pasuruan Abu Amar Bustomi, M.Si.  mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Narasumber Associate Prof. Dr. Nor Balkish Zakaria Lector UiTM Malaysia (memegang microphone)

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Kepala Desa Wonokitri Tosari Pasuruan, Wirya Aditya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah yang positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Suku Tengger. Kegiatan ini menunjukkan bahwa masyarakat Suku Tengger mendapat perhatian dari berbagai pihak.

 

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat terjalin kolaborasi yang berkelanjutan antara berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dalam penelitian dan dan pengabdian masyarakat, yang memiliki dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Suku Tengger”terangnya.