Webinar Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pendanaan DRTPM Yang Efektif dan Kompetitif

Webinar Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pendanaan DRTPM Yang Efektif dan Kompetitif

BLOKAGUNG-Prodi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas KH Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur, mengadakan Webinar (Online) bekerja sama dengan IndoMS Jawa Timur dengan tema “Strategi Penyusunan Proposal PkM DRTPM Yang Efektif dan Kompetitif” Pada Sabtu (3 2/ 2024).

Kaprodi Pendidikan Matematika (kiri) Moh. Abdul Qohar M.Pd bersama beberapa dosen Prodi matematika

Acara ini mempertemukan kurang lebih 60 peserta dari 33 institusi di seluruh Indonesia, yang tertarik untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam menyusun proposal penelitian yang berkualitas. Dimoderatori oleh Ibu Siti Nur Azizah, M.Pd. Dosen Tadris Matematika.

 

Webinar dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Siti Aimah, S.Pd., M.Si. Beliau selain membuka juga menjadi keynote speaker pada webinar ini. Materi yang disampaikan yaitu Tridarma Dosen meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian terlebih menyampaikan mendalam tentang PkM yang menjadi poin di webinar ini.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Siti Aimah, S.Pd., M.Si (Jilbab hijau) saat membuka webinar

Pemateri webinar ini yaitu Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si dalam presentasinya, menyoroti strategi menggali ide dan potensi judul penelitian sesuai SKM penelitian dan pengabdian. Fokusnya pada pemahaman state of the art penelitian dan pengabdian masyarakat. Beliau menekankan pentingnya menyelaraskan ketentuan dan arah pengabdian tersebut diselenggarakan dalam penulisan dan pengiriman proposal. Presentasi juga membahas pembuatan roadmap untuk memandu tahapan penelitian, pentingnya peran kreativitas dalam menyusun proposal yang inovatif. Ringkasnya, presentasi ini memberikan pandangan holistik bagi peneliti dalam merencanakan proyek yang relevan dan berdampak.

 

Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si memberikan penekanan pada ketaatan terhadap format penelitian sesuai panduan terbaru. Beliau membagikan trik dan teknik penyusunan proposal dan pengabdian yang efektif, poin-poin kunci yang harus dipertimbangkan. Materi ini memberikan wawasan mendalam mengenai tata cara penulisan proposal yang sesuai standar, dengan fokus pada aspek-aspek praktis yang dapat meningkatkan kualitas dan daya saing proposal penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pemateri webinar Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si

Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si, sebagai narasumber juga membahas langkah-langkah self-assessment proposal hibah sebelum disubmit. Beliau memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan proposal secara mandiri sebelum pengajuan. Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si menyoroti aspek-aspek kritis, seperti keterkaitan dengan tujuan hibah, metodologi, dan dampak proyek. Sesi ini memberikan wawasan praktis bagi peserta untuk memastikan bahwa proposal mereka memenuhi standar tertinggi sebelum diajukan, meningkatkan peluang sukses dalam mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Dalam webinar ini juga mengajak peserta untuk interaksi langsung kepada pemateri, ada yang menanyakan tentang tema penelitian, durasi penelitian dan cakupan penelitian. Dan dijawab jelas oleh pemateri.

Dalam webinar ini Peserta diajak meresapi pengetahuan baru seputar identifikasi permasalahan, ketaatan format, dan self-assessment proposal. Diharapkan, pemahaman yang diperoleh akan memacu peserta untuk merancang proyek penelitian dan pengabdian masyarakat yang inovatif.