TINGKATKAN KUALITAS SDM, UIMSYA BERKOMPETISI DI ICHES 2024

TINGKATKAN KUALITAS SDM, UIMSYA BERKOMPETISI DI ICHES 2024

Jember – 13 Artikel Dosen Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung  Banyuwangi masuk seleksi presenter dari 203 pendaftar yang diterima di ajang bergengsi yang dilaksanakan oleh Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) Tapal Kuda. Acara International Conference on Humanity Education and Society (ICHES) tahun 2024 ini mengusung tema yang memukau: “Revolusi 5.0 untuk Universitas Wirausaha: Menciptakan Inovasi untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.” bertempat di  di IAI Al-Qodiri Jember Jawa Timur.

Jajaran Dosen UIMSYA Blokagung Banyuwangi yang mengikuti ICHES 2024 di Jember

Konferensi tersebut dihadiri oleh ratusan akademisi, peneliti, praktisi pendidikan, dan pegiat wirausaha dari berbagai penjuru Nusantara hingga mancanegara. Para penggerak pendidikan dari Sudan, Malaysia, India, Inggris, Denmark, dan Mesir turut berpartisipasi, menciptakan mozaik pertukaran gagasan lintas batas.

 

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua Panitia Pelaksana ICHES 2024, Dr. H. Abdul Halim, S.Ag., M.Pd., menyatakan, “Tema konferensi ini sengaja diangkat untuk mendorong transformasi perguruan tinggi ke arah yang inovatif dan adaptif. Kita perlu menyiapkan generasi muda yang berjiwa wirausaha, mampu menciptakan solusi kreatif, dan berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).”

Para pembicara utama seperti Prof. Dr. Faisal Mahmud Adam Ibrahim (International University of Qur’an, Sudan), Assoc. Prof. Dr. Zetty Nurzuliana (International Islamic Collage University Of Selangor Malaysia), dan Dr. Jesper Kulvvman (University of Denmark) turut membakar semangat peserta dengan paparan insightful tentang membangun ekosistem kewirausahaan di universitas, mengintegrasikan teknologi 5.0 dalam pendidikan, serta mengembangkan jiwa sosial-preneurship untuk berkontribusi pada pencapaian SDGs.

 

“ICHES 2024 menjadi platform kolaborasi yang luar biasa. Kita bisa saling belajar, berbagi pengalaman, dan membangun jejaring kerja sama untuk bersama-sama mendorong transformasi pendidikan serta berkontribusi pada pencapaian SDGs,” ujar Assoc. Prof. Dr. Mohasin Tombali, I/C Director of Savitribai Phule Pune University, India, salah satu peserta konferensi.

Pada kesempatan ini UIMSYA Blokagung Banyuwangi mendapatkan undangan  11 Dosen UIMSYA untuk mempresentasikan paper secara offline dan 2 Dosen mempresentasikan secara online. Adapun tema yang diusung dari Dosen UIMSYA sebagai berikut:

 

  1. Dr. KH. Ahmad Munib Syafa’at, Lc., M.E.I, Rektor UIMSYA, Dr. Nur Anim Jauhariyah, S.Pd., M.Si, Drs. Eko Budiywono, MH. Munawir, M.Ag, Imam Khusnudin, SE., MM. , Aula Izatul Aini, M.E Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan tema The Impact Of Tourist Visits And Regional Original Income On The Human Development Index.
  2. Dr. Lely Ana Ferawati Ekaningsih, SE., MH., MM Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang berkolaborasi dengan Dr. KH. Abdul Kholiq Syafa’at, MA. Dosen Universitas KH. Achmad Siddiq Jember beserta Mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas KH.Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi dengan tema Human Resource Management In The Perspective Of Islamic Economic Law.
  3. Agung Obianto, M.Sos,  Hasyim Iskandar, S.Kom.I, M.Sos., Abdi Fauji Hadiono, S.Sos.I., MH., M.Sos., dan Maskur, MH. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Dengan Tema Digitalisasi Dakwah KODASA (Koprs Dakwah Santri) PP. Darussalam Blokagung Banyuwangi.
  4. Halimatus Sa’diah, M.Psi dan Ginanjar Prastyanto, MA. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam dengan Tema Happiness, Education, And Women: Results From Indonesian Family Life Survey (IFLS).
  5. Dr. Siti Aimah, S.Pd.I, M.Si Dekan FTK dan Muhammad Nasih, M.Pd. Dosen Manajemen Pendidikan Islam dengan tema Entrepreneur University: Challenges And Opportunities.
  6. Dr. H. Imam Khaudli, S.Pd.I., M.Si Dosen Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Islam, dengan Tema The Urgency Of Instilling Soft Skills For Students In The Era Of Disruption Through Organisational Culture.
  7. Nurkafidz Nizam Fahmi, S.Pd., M.H, dan Lutfi Wakhid, M.Pd., Dosen Manajemen Pendidikan Islam dengan tema Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Brand Image Terhadap Keputusan Santri Memilih Pondok Pesantren Darussalam Blokagung 2 Banyuwangi.
  8. Hj. Amirotun Nahdliyah, M.Pd.I Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dengan tema Tradisi Pesantren: Mengembangkan Manajemen Model Pembelajaran Kitab Kuning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Santri Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.
  9. Muhammad Hasan Asnawi, dan M.Pd, Moh. Abdul Qohar, M.Pd Dosen Program Studi Tadris Matematika dengan Tema Analisis Respon Calon Guru terhadap Penggunaan GeoGebra sebagai Media Pembelajaran Matematika.
  10. Faiqotur Rizkiyah, M.Pd Dosen Program Studi Tadris Bahasa Inggris dengan tema The Effectiveness Of Artificial Intelligent (AI) Based Learning In Developing Writing Skill Of University Students.
  11. Hj. Nur Maya Badriyatul Jamroh, M.Pd Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dengan Tema Upaya Internalisasi Kitab Taklimul Mutaallim dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Santri Asrama Al Makmuroh Pondok Pesantren Darussalam Putri Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi.
  12. Aminatur Rosyidah, M.Pd Dosen Program Studi Tadris IPA dengan Strategi ekspositori dengan model TGT terhadap keterampilan berpikir kritis.
  13. Ali Manshur, M.Pd. Dosen Program Studi Tadris Bahasa Indonesia dan Muhammad Syamsul Mu’arif dengan tema Moderasi Beragama Dalam Bingkai Sastra: Eksplorasi Pada Lirik Lagu Karya Rhoma Irama.

Harapannya, ICHES 2024 tak hanya menjadi perbincangan hangat semata. Gelora revolusi 5.0 bagi universitas wirausaha diharapkan terus bergaung, menggema hingga pelosok nusantara, dan menggerakkan perguruan tinggi Indonesia untuk melahirkan generasi muda inovatif, kreatif, serta pejuang keberlanjutan. Semoga Iches 2024 ini ikut memberikan sumbangsih pemikiran dalam memajukan lembaga pendidikan di Indonesia saat ini dan di masa-masa yang akan datang